Ogah Janjikan Jabar Terbebas dari Banjir, Ridwan Kamil Beri Alasan Menohok

Senin, 22 Februari 2021 - 20:46 WIB
loading...
A A A
"Kalau sudah situasi darurat karena situasi engineering belum selesai, maka fokus pada penanganan kebencanaan melalui BPBD, TNI Polri, Basarnas dan lain-lain," katanya.

Emil mencontohkan, pihaknya telah berupaya mengatasi banjir yang melanda wilayah Kabupaten Bekasi menyusul hujan besar dalam beberapa hari ke belakang.

Diketahui, tanggul Sungai Citarum di Kampung Babakan Banten, Sumber Urip, Pebayuran, Kabupaten Bekasi jebol pada Sabtu (20/2/2021) malam karena tak mampu menampung tingginya debit air. Diperkirakan, ada sekitar 10.000 kepala keluarga (KK) dari empat desa terdampak banjir.

"BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) masih menjadi penanggung jawab dalam proses perbaikan. Tadi malam juga saya masih koordinasi karena kan ada tanggul jebol Citarum," katanya.

"Sehingga, sedang dilakukan upaya penanganan secara sementara. Ada kesulitan dari BBWS, kantong bio bag itu ada keterbatasan. Hari ini saya minta segera dibeli sebanyak-banyaknya untuk dilakukan penutupan tanggul yang jebol," jelas Emil.

Waspada Kebakaran Hutan
Dalam kesempatan itu, Emil juga mengaku, mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo untuk mengantisipasi kebakaran hutan saat kemarau nanti. Kini, pihaknya tengah mengumpulkan data wilayah rawan kebakaran hutan.

"Walaupun secara statistik sangat tidak banyak terjadi di Jabar, lebih banyak di Kalimantan dan Sumatera, tapi tadi (Preaiden Jokowi) memberikan arahan agar kita nanti menjelang musim kemarau bisa menyiapkan data yang baik," terangnya.

"Kemudian antisipasi di lapangan yang responsif dan penanggulangan secara edukasi ke masyarakat, termasuk menggunakan teknologi untuk hal yang sifatnya penanggulangan kebakaran," tandasnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)