Ogah Janjikan Jabar Terbebas dari Banjir, Ridwan Kamil Beri Alasan Menohok

loading...
Ogah Janjikan Jabar Terbebas dari Banjir, Ridwan Kamil Beri Alasan Menohok
Warga Perumahan Pondok Gede Permai, Kota Bekasi yang terendam banjir dievakuasi menggunakan perahu karet. Foto/Dok.SINDOnews
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, dirinya tak ingin menebar janji bahwa provinsi yang dipimpinnya bakal terbebas dari bencana banjir .

Hal itu ditegaskan Ridwan Kamil menyusul bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Jabar menyusul tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari ke belakang.

Baca juga: Pengungsi Banjir di Karawang Mengemis, Distribusi Logistik Bakal Dievaluasi

Menurut Gubernur yang akrab disapa Emil itu, pemerintah telah melakukan berbagai upaya maksimal untuk menangani masalah banjir, di antaranya membangun sejumlah infrastruktur untuk mengurangi dampak banjir .

Baca juga: Miris! Bantuan Tak Merata, Korban Banjir di Jenebin Karawang Meminta-minta di Jalan

Dia memaparkan, proyek sodetan Sungai Cisangkuy kini sudah rampung 100%. Berkat kehadiran sodetan tersebut, aliran air Sungai Cisangkuy menuju Sungai Citarum yang menjadi penyebab banjir kini telah berbelok arah dan tidak melalui permukiman.



Kemudian, pemerintah juga telah membangun Bendungan Sadawarna di Kabupaten Subang yang progresnya sudah mencapai 50%. Jika rampung akhir tahun ini, kata Emil, maka banjir di Kabupaten Subang seharusnya tidak terjadi lagi atau setidaknya dampaknya berkurang signifikan.

Tidak hanya itu, Emil juga menyebutkan bahwa progres pembangunan Bendungan Sukamahi di Kabupaten Bogor pun sudah lebih dari 50%. Lalu, pemerintah pun akan memulai proyek normalisasi Kali Bekasi tahun ini.





"Kita sebagai pemerintah tidak tinggal diam, semua upaya harus dilakukan. Apakah semua upaya ini bisa menyelesaikan? Yang bisa kita janjikan adalah mengurangi. Kalau menyelesaikan wallahualam," ungkap Emil seusai Rapat Koordinasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (22/2/2021).
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top