Terima SK dari Wali Kota Salatiga, PPPK Miliki Banyak Keuntungan Dibanding PNS

loading...
Terima SK dari Wali Kota Salatiga, PPPK Miliki Banyak Keuntungan Dibanding PNS
Wali Kota Salatiga Yuliyanto saat menyerahkan SK kepada 14 orang PPPK di Aula BKPSDM Kota Salatiga. Foto/IST
SALATIGA - Sebanyak 14 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK ) formasi 2019 yang terdiri dari 12 guru SD/SMP Negeri dan dua penyuluh pertanian pada Dinas Pangan dan Pertanian menerima Surat Keputusan (SK) Wali Kota Salatiga.

Di samping honornya setara dengan pegawai negeri sipil (PNS), ternyata PPPK memiliki keuntungan dibanding aparatur sipil negara (ASN) itu.

"PPPK tidak seperti PNS yang harus meniti karier mulai dari jenjang jabatan terendah. PPPK memiliki banyak keuntungan, diantaranya multi level entry dimana PPPK dapat masuk melalui jenjang tertentu, bahkan bisa langsung pada jenjang tertinggi pada jabatan yang dibutuhkan oleh organisasi, sesuai kriteria jabatan yang ditentukan dalam PP Manajemen PPPK," kata Wali Kota Salatiga Yuliyanto, Jumat (5/2/2021).

Baca juga: Tangis Pecah Saat Empat Jenazah Sekeluarga Korban Pembunuhan Rembang Dimakamkan



Yuliyanto menyatakan, PPPK merupakan hal baru dalam dunia pemerintahan. Namun, dalam Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) disebutkan jika ASN terbagi menjadi dua. Yakni ASN dan PPPK.

Perbedaannya, jika ASN diangkat sebagai pegawai tetap dan memiliki nomor induk pegawai secara nasional. "Sedangkan PPPK diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah," terangnya.

Selain itu, lanjut Yuliyanto, PPPK juga memiliki batas pelamaran yang lebih panjang. Jika usia pendaftar CPNS dibatasi umur 35 dan 40 untuk jabatan tertentu, PPPK dapat melamar suatu jabatan ASN dengan batas usia pelamaran hingga 1 tahun sebelum batas usia pensiun jabatan yang dilamar. Dari segi kontrak kerja, PPPK dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan organisasi hingga batas usia pensiun jabatan dengan mempertimbangkan evaluasi kinerja setiap tahunnya.



Baca juga: Lereng Gunung Wilis Longsor, Empat Rumah Warga Rusak
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top