Puncak Gernas BBI dan BBWI Meriahkan HUT ke-79 Provinsi Jateng di Salatiga

Selasa, 20 Agustus 2024 - 19:58 WIB
loading...
Puncak Gernas BBI dan...
Kota Salatiga menjadi tuan rumah yang meriah bagi Puncak Gerna BBI dan BBWI, yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (18/08/2024). Foto/Ist
A A A
SALATIGA - Kota Salatiga menjadi tuan rumah yang meriah bagi Puncak Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Jumat (18/08/2024). Acara ini menandai kolaborasi masif antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan pariwisata.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Septriana Tangkary, yang mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika, menyampaikan pentingnya Gernas BBI sebagai upaya pemerintah dalam memperkuat sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sangat terdampak oleh pandemi pada awal tahun 2020. Diluncurkan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020, gerakan ini bertujuan mendorong masyarakat untuk lebih mencintai produk dalam negeri dan membantu UMKM beralih ke platform digital.

"Gernas BBI telah menjadi tonggak penting dalam memperkuat branding produk lokal dan mendigitalisasi UMKM. Hingga saat ini, sekitar 25,2 juta UMKM telah onboarding ke ruang digital, mendekati target 30 juta pada akhir tahun 2024," ujar Septriana dalam sambutannya.



Puncak Gernas BBI dan BBWI di Salatiga juga memberikan penghargaan kepada lima UMKM Champions dari berbagai industri, sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka dalam mengangkat produk lokal. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang pameran produk, tetapi juga kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memperluas jaringan dan menjangkau lebih banyak konsumen.

Penjabat Walikota Salatiga, Yasip Khasani, mengungkapkan rasa syukurnya atas penunjukan Salatiga sebagai lokasi perayaan HUT Provinsi Jawa Tengah. “Ini adalah momen besar dan berharga bagi Kota Salatiga, yang merupakan kota tertua kedua di Indonesia setelah Palembang. Kami merasakan banyak manfaat dari kegiatan ini,” ungkap Yasip.

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, dalam sambutannya menekankan pentingnya pengembangan potensi lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Jawa Tengah memiliki tanah yang subur dan potensi yang besar. Melalui acara ini, kami berharap masyarakat dapat lebih mendukung UMKM lokal dan berkontribusi dalam memajukan ekonomi daerah," ujar Nana.

Selain itu, kampanye BBWI yang diselenggarakan bersamaan bertujuan untuk mempromosikan pariwisata domestik, mengajak masyarakat Indonesia untuk menikmati keindahan dan keragaman alam serta budaya yang ditawarkan oleh negeri sendiri. Dengan berlibur di dalam negeri, masyarakat turut berkontribusi pada pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi lokal.

Rangkaian acara dalam peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Tengah di Salatiga semakin semarak dengan berbagai kegiatan seperti Fun Run, Jateng Expo, Festival Jamu dan Kuliner, Pentas Seni dan Budaya, Festival Band Pelajar, serta penampilan berbagai artis. Acara ini tidak hanya merayakan ulang tahun provinsi, tetapi juga menjadi momentum penting dalam memperkuat ekonomi dan pariwisata di Jawa Tengah.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3189 seconds (0.1#10.140)