Beli Masker Rp 4 Juta, Wanita di Palembang Malah Dikirim Kardus Bekas Lampu

Jum'at, 17 April 2020 - 14:40 WIB
loading...
Beli Masker Rp 4 Juta, Wanita di Palembang Malah Dikirim Kardus Bekas Lampu
Beli Masker Rp 4 Juta, Wanita di Palembang Malah Dikirim Kardus Bekas Lampu. Foto/SINDOtv/Era NW
A A A
PALEMBANG - Aksi Penipuan dengan modus penjualan masker melalui transaksi online kembali memakan korban di Palembang.

Nora (21), warga Kecamatan Ilir Timur I, Palembang, menjadi korban. Diketahui, Korban membeli 10 karton masker seharga Rp4 juta, tapi barang yang dikirim justru kardus bekas bola lampu, Jumat (17/4/2020).

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, AKBP Nuryono, membenarkan adanya laporan dugaan penipuan pembelian masker tersebut.

Menurutnya, korban awalnya melakukan transaksi pembelian maskes setelah melihat iklan di media sosial Facebook pada 15 April 2020.

"Korban melihat iklan di akun Facebook atas nama M Saparuddin, setelah negoisasi disepakatilah harga untuk 10 karton masker seharga Rp4 juta," katanya.

Berdasarkan keterangan korban, pelaku ini meyakinkannya dengan mengirimkan foto KTP dan mengaku bekerja di sebuah gudang penyimpanan masker yang berada di wilayah KM 12, perbatasan Palembang-Bayuasin.

"Karena percaya, korban kemudian mengirimkan uang tersebut ke rekening atas nama Silvia Astuti. Namun, saat barang tiba keesokan hari, ternyata isinya merupakan kardus bekas bola lampu," katanya.

Menurut Nuryono, korban memang mencari masker dengan harga murah dengan tujuan agar dapat dijual kembali. Namun, yang bersangkutan justru menjadi korban penipuan. Selain itu, nomor ponsel pelaku sendiri diketahui sudah tidak aktif lagi

"Kasus seperti ini menjadi yang kedua kalinya di Palembang. Saat ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh petugas," katanya.

Dengan kejadian ini tentunya juga menjadi atensi pihak kepolisian untuk dapat segera mengungkap pelaku penipuan yang memanfaatkan situasi wabah COVID-19 untuk memperoleh keuntungan dengan cara tidak benar.

"Kami juga mengimbau masyarakat jangan mudah percaya begitu saja dengan penawaran barang melalui online. Pastikan kebenarnya dulu sebelum bertransaksi," katanya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)