Ibu Hamil di Ngawi Ini Melahirkan, Protokol PDP COVID-19 Diberlakukan

Senin, 13 April 2020 - 09:38 WIB
loading...
Ibu Hamil di Ngawi Ini Melahirkan, Protokol PDP COVID-19 Diberlakukan
Ibu hamil asal Ngawi yang berstatus PDP karena terpapar virus dari hasil rapid test telah melahirkan bayi perempuan dengan kondisi sehat dan normal. Meski demikian protokol PDP Covid-19 diberlakukan kepada sang ibu. Foto ist
A A A
NGAWI - Ibu hamil asal Ngawi yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) karena terpapar virus dari hasil rapid test telah melahirkan bayi perempuan dengan kondisi sehat dan normal. Meski demikian protokol PDP Covid-19 diberlakukan kepada sang ibu. Namun standar tersebut tidak diterapkan kepada sang bayi dan tetap diberi akses air susu ibu (ASI) layaknya bayi normal.

Menurut dokter Rumah Sakit dr Soeroto Ngawi, Indah Pitarti yang menangani proses kelahiran, Sebelumnya bayi berjenis kelamin perempuan tersebut lahir secara normal Sabtu malam 11 April 2020 dengan berat badan 3 kg dan dalam kondisi sehat. Kini baik bayi dan ibunya tengah dirawat di kamar isolasi di ruang perawatan khusus

“Meskipun ibunya terpapar virus, kondisi bayi normal dan sehat dan belum perlu dilakukan rapid test,” katanya. Bahkan pihaknya memberi keleluasaan akses asi dari ibunya tapi harus mengenakan masker.

Sementara itu Dinas Kesehatan Ngawi terus memantau perkembangan sang ibu dan memastikan jika statusnya masih PDP dan belum terkonfirmasi karena hasil swab belum diterima pihaknya dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya.

“Hingga hari Minggu 12 April jumlah PDP di Kabupaten Ngawi sebanyak 11 orang dengan pengawasan (ODP) 4 orang dan 7 orang selesai pengawasan,” kata Kabid P2P Dinkes Ngawi Endah Pratiwi.
(sai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)