Ada Jejak India, Majapahit, dan Belanda di Pulau Sabu

Minggu, 10 Januari 2021 - 05:01 WIB
loading...
A A A
Ekpansi Kerajaan Majapahit pada abad ke-14 terasa hingga ke pelosok terluar bumi nusantara. Di Pulau Sabu, ada sejumlah fakta yang menunjukkan bahwa Majapahit pernah menanamkan kekuasaanya di pulau ini dari abad ke-14 hingga awal abad ke-16. Menurut cerita lisan di kalangan rakyat, Raja Majapahit sangat dihormati di sana bahkan raja dan istrinya diceritakan pernah tinggal di Ketita di Pulau Raijua dan Pulau Sabu.

Bukti bahwa Majapahit pernah menguasai pulau ini antara lain adanya batu peringatan untuk Raja Majapahit yang disebut Wowadu Maja dan sebuah Sumur Maja di wilayah Daihuli dekat Ketita. Selain itu, ada upacara yang diadakan oleh salah satu Udu di Raijua, Udu Nadega yang diberi julukan Ngelai yang menurut cerita adalah keturunan orang-orang Majapahit.

Tidak hanya itu. Masuknya pengaruh kerajaan dari Jawa itu juga bisa ditemukan lewat motif pada tenunan selimut orang Sabu yang bergambar Pura. Bukti lain, di Mesara ada desa yang bernama Tana Jawa yang penduduknya mempunyai karakter dan ciri-ciri seperti orang Jawa. Lalu, ada tempat di dekat pelabuhan Mesara yang disebut dengan Mulie yang setelah ditelusuri, kata itu diambil dari bahasa Jawa Mulih, yang berarti pulang.

Jejak Belanda

Pada abad ke-18, pengaruh Belanda mulai masuk. Mobilitas masyarakat keluar dari Sabu dimulai sejak saat kontrak antara Sabu dan Belanda yang ditandatangani tahun 1756. Di mata Belanda yang saat itu gencar melakukan politik adu domba, orang-orang Sabu yang pemberani dan lincah bisa diandalkan.

Dalam klausul kontrak itu, penguasa atau raja Sabu wajib menyediakan tentara bagi Belanda demi kepentingan pertahanannya di Kupang. Tujuan utama tenaga bersenjata ini adalah untuk melancarkan ekspedisi militer seperti yang dilakukan oleh pemimpin perang Von Pluskow sejak 1758 hingga 1761 kala itu. (Baca juga: Jejak Peradaban Eropa Abad ke-19 di Delta Mahakam, dari Keramik hingga Botol)

Pada tahun 1838, lagi-lagi Belanda memanfaatkan ketrampilan orang Sabu di bidang militer untuk menghentikan aksi orang Ende yang menyerang Sumba demi mendapatkan budak. Era ini mendorong orang Sabu berpindah ke Sumba yang diawali dengan menjalin hubungan kekerabatan melalu perkawinan antara Raja Melolo di Sumba Timur dan Raja Sabu di Habba.

Makan berkembanglah perkampungan orang Sabu di Sumba Timur . Namun, wabah penyakit cacar beberapa kali menimpa perkampungan orang Sabu di tahun 1869. Pada tahun 1874, kampung ini kembali dilanda penyakit yang menimbulkan korban jiwa hingga membuat orang Sabu kehilangan hampir seperenam jumlah mereka. Baru sekitar tahun 1925 jumlaah penduduk Sabu kembali meningkat.

Kembali ke jejak Belanda, cerita menarik lainnya adalah bahwa ternyata Kapten James Cook pernah singgah di Pulau Sabu. James Cook adalah penemu Benua Australia dan Kepulauan Hawai. James pula orang pertama yang mengelilingi serta membuat peta Selandia Baru. Dalam perjalanannya menuju Batavia pada tahun 1770, Kapal HM Bark Endeavour yang ditumpanginya terdampar di Pulau Sabu. (Baca juga: Gempa Bumi 5,0 SR Guncang Waijellu Sumba Timur NTT)

Diceritakan, kapal ini harus mampir di pulau kecil Sabu karena kehabisan perbekalan. Di pulau ini, Kapten James Cook mendapatkan bantuan logistik dari raja Sabu yaitu Raja Ama Doko Lomi Djara. Berkat bantuan tersebut, James bisa melanjutkan perjalanannya ke Batavia.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)