Wajah Baru Ngloram, Miliki Bandara dan Opor Ayam Paling Enak Sedunia

Minggu, 03 Januari 2021 - 15:33 WIB
loading...
Wajah Baru Ngloram, Miliki Bandara dan Opor Ayam Paling Enak Sedunia
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, saat mendarat di Bandara Ngloram Blora, Minggu (3/1/2021). Foto: iNews/Taufik Budi
A A A
BLORA - Ngloram bukan hanya desa kecil di Kecamatan Cepu, Blora, Jawa Tengah. Tempat ini beberapa tahun terakhir menarik perhatian nasional, karena gencar dilakukan upaya pengoperasian kembali bandara yang lama ‘tidur’. Bukan hanya bakal menjadi pusat transportasi udara, namun Ngloram juga telah lama dikenal dengan kuliner khas yakni opor ayam .

Berbeda dari kebanyakan, opor Ngloram terbuat dari santan kental dengan rasa sangat pedas terbukti banyak cabai merah yang mengambang. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki cerita tersendiri dengan Ngloram, baik tentang bandara maupun kulinernya.

(Baca Juga: Naik Jet Khusus, 3 Menteri Jokowi Mendarat Mulus di Bandara Ngloram Blora)

Menurut dia, pembangunan Bandara Ngloram adalah mimpi yang lama sekali. Bahkan, dia mengingat saat pertama datang ke lokasi itu, kondisinya mengenaskan. “Ini mimpi lama sekali. Awal-awal kami datang ke sini sebenarnya tidak melihat bandara, saat itu ingin makan lontong opor,” kata Ganjar saat kunjungan kerja ke Blora bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Minggu (3/1/2021).

"Jadi sebenarnya lontong opor di dekat sini itu paling enak sedunia. Cuma katanya kalau kita datang, ‘Pak Gubernur kalau enggak pesen dulu, kami habis Pak’. Jadi saya enggak tahu ini akan bernasib makan (opor) atau tidak kita,” kelakarnya disambut tawa para menteri.

(Baca Juga: Sambut Jenazah Habib Ja’far, Ganjar: Kalau Tidak Dibatasi Bandara Penuh)

Politikus PDIP itu juga mengatakan, langsung berkomunikasi dengan Bupati Blora, Djoko Nugroho untuk membahas keberlangsungan Bandara Ngloram. Terlebih, daerah Blora dan sekitarnya kaya sumber minyak sehingga membutuhkan moda transportasi memadai.

“Kami ngobrol dengan Pak Bupati lama sekali, dan pada saat itu antara Bojonegoro Jawa Timur, Jawa Tengah dan Blora kita bicara soal minyak. Dari minyak itu kita ngobrol sama seluruh pengelola minyak itu sambat (mengeluh) sama kita. Pak ini minyaknya sudah muncrat, sudah dibagi-bagi rezekinya tapi mencapai titik ini luar biasa lamanya (kesulitan akses),” terangnya.

Gubernur juga menyebutkan, sejak awal pihaknya telah berbicara banyak dengan Bupati Blora dan Menteri ESDM soal minyak. “Apakah tidak mungkin ini bisa dikelola, ternyata soal aset memang harus dipindah-pindahkan dan Alhamdulillah karena komitmennya sama ini betul-betul sinergi antara kabupaten, provinsi, dan pusat dan Pak Presiden juga saat itu kita berikan report ternyata Beliau setuju,” beber dia.

(Baca Juga: Gubernur Khofifah Terpapar Covid-19, Plt Walikota Surabaya: Semoga Cepat Sembuh)

Sementara itu, Direktur Bandar Udara, Nafhan Syahroni menerangkan bahwa pembangunan Bandara Ngloram ditargetkan selesai tahun ini. "Progres pekerjaan kami sudah membangun landasan pacu 1.500 meter dengan lebar 30 meter. Pembangunan taxiway dan apron juga sudah selesai dibangun. Terminal sudah dalam proses dan progresnya sekitar 35%,” kata Nafhan.

Beberapa pekerjaan lanjut dia, akan diselesaikan tahun ini. Di antaranya menambah landasan pacu menjadi 1.600 meter, terminal termasuk pemenuhan sarana-prasarana. "Tahun ini ditargetkan rampung 100%,” tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9051 seconds (0.1#10.140)