Peringati Hari Ibu, FOI Gelar Anugerah Bunda Teladan 2020

Selasa, 29 Desember 2020 - 20:49 WIB
loading...
Peringati Hari Ibu, FOI Gelar Anugerah Bunda Teladan 2020
Peringati Hari Ibu, FOI Gelar Anugerah Bunda Teladan 2020. Foto/Ist
A A A
BOGOR - Foodbank of Indonesia (FOI) menutup kampanye “Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia” tahap 1 tahun 2020, dengan menyelenggarakan acara penghargaan “Anugerah Bunda Teladan” secara virtual sekaligus memperingati Hari Ibu .

Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi bagi 3.298 bunda dan yanda relawan yang selama ini telah bergerak membuka akses pangan bagi 20.696 balita untuk merdeka dari rasa lapar khususnya di masa pandemi ini.(Baca juga: Hari Pahlawan, FOI-FTP UGM Luncurkan Aksi Ikan Untuk Anak )

Terdapat 3 kategori penghargaan yaitu Bunda Teladan, Bunda Menginspirasi, dan Lembaga Teraktif yang dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para pakar yaitu Dosen Psikologi UGM Dr Ira Paramastri MSi, Direktur PAUD Institute Danang Sasongko, dan Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi IPB Prof Dr Ir Ahmad Sulaeman MS, PhD. (Baca juga: Pandemi Covid-19 Momentum Para Ibu Memberi Inspirasi Bagi Keluarga )

Puncak acara dibuka Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kemen PPPA, Lenny N Rosalin, dan testimoni para relawan FOI.

Sementara itu, Founder FOI Hendro Utomo, mengungkapkan, berdasarkan Indeks Kelaparan Global 2019, Indonesia masih mengalami masalah kelaparan yang serius dan faktanya 1 dari 3 balita di Indonesia mengalami stunting.

Selain itu, kata Hendro hasil survei FOI pada Agustus 2020 di 14 titik menunjukkan bahwa 27% balita pergi ke sekolah dengan perut kosong karena tidak makan hingga siang hari bahkan di daerah lainnya mencapai 40-50%. Hal tersebut pun disebabkan oleh beberapa hal misalnya kebiasaan jajan sembarangan yang menjadi bagian dari gaya hidup.

“Foodbank of Indonesia berupaya untuk mengatasi isu-isu ini dan tentunya terdapat peran besar relawan, bunda, dan yanda dalam mensukseskannya karena merekalah ujung tombak dalam pergerakan yang dilakukan,” kata Hendro, Selasa (29/12/2020).

Hendro menjelaskan, Anugerah Bunda Teladan 2020 ini menjadi cara untuk mengapresiasi kontribusi terbaik yang telah diberikan oleh relawan, bunda dan yanda.

Juga menunjukkan peran penting seorang ibu bagi ketahanan pangan keluarga karena ibu memiliki peran-peran seperti pemegang keputusan pangan, produksi pangan dan penentu pola konsumsi pangan.

“Kami ingin berterima kasih kepada lebih dari 3000 relawan yang telah berpartisipasi untuk membuka akses pangan di 15 kota/kabupaten di Indonesia. Mereka yang selama ini menjadi ujung tombak FOI dalam memastikan agar anak tidak kelaparan,” kata Hendro.

Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi IPB Prof Dr Ir Ahmad Sulaeman MS, PhD mengatakan, para relawan yang tergabung dalam pergerakan bersama FOI merupakan sosok luar biasa sehingga kita tidak perlu lagi meragukan sepak terjang mereka, pemenang pada hari ini adalah pilihan terbaik dari yang terbaik,” kata Ahmad Sulaeman.

Sementara itu, Deputi Menteri PPA Tumbuh Kembang Anak PPPA, Lenny N Rosalin mengapresiasi kegiatan ini karena menurutnya status gizi sangat ditentukan oleh asupan makanan yang diberikan oleh ibu.

“Jika anak kita sehat dan hak-haknya terpenuhi maka akan menjadi anak yang hebat. Diharapkan menjadi sumber daya manusia terbaik untuk Indonesia dan pastinya hal ini tidak luput dari peran ibu,” kata Lenny.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9279 seconds (0.1#10.140)