Hari Pahlawan, FOI-FTP UGM Luncurkan Aksi Ikan Untuk Anak

Senin, 09 November 2020 - 16:53 WIB
loading...
Hari Pahlawan, FOI-FTP UGM Luncurkan Aksi Ikan Untuk Anak
Pendiri Foodbank of Indonesia (FOI), Hendro Utomo. Foto Ist
A A A
BOGOR - Foodbank of Indonesia (FOI) bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Pertanian Universtas Gadjah Mada (FTP-UGM), didukung BeeJay Bakau Resort hari ini meluncurkan Aksi Ikan untuk Anak #IUAK yang merupakan salah satu rangkaian dari gerakan Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia.

Sebanyak 12.000 balita dan 800 bunda di DKI Jakarta tergabung dalam aksi Ikan untuk Anak #IUAK. Kegiatan ini diresmikan secara simbolis oleh Gubernur DKI Jakarta yang diwakili oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Dr Dadang Solihin MA. (Baca juga: Survei FOI: 27 Persen Anak Balita ke Sekolah dengan Perut Kosong )

Kegiatan yang diawali dengan pembagian ikan serta demo masak pengolahan berbahan dasar ikan di SDN Johar Baru 10 Pagi ini juga didukung Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati secara virtual. (Baca juga: FOI dan FTP UGM Gelar Rembuk Pangan Indonesia 4.0 Virtual )

Berdasarkan hasil riset FOI (2020) menemukan sebesar 27% balita di Indonesia pergi ke sekolah (PAUD) dalam keadaan lapar karena tidak sarapan. Ada nya pandemi pun semakin memperburuk keadaan ini.

Menurut Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), krisis sosial dan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi virus corona berpotensi menyebabkan hampir tujuh juta anak di dunia mengalami stunting akibat kekurangan gizi, sementara di Indonesia banyak keluarga yang kehilangan penghasilan membuat kondisi pangan balita lebih rentan dari masa sebelumnya.

Melihat fakta tersebut, Foodbank of Indonesia (FOI) berkomitmen untuk membantu masyarakat dalam mencari solusi untuk penanganan permasalahan pangan dan gizi. Melalui salah satu rangkaian Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia yaitu aksi Ikan untuk Anak #IUAK.

Aksi #IkanUntukAnak merupakan inisiasi yang dilakukan Foodbank of Indonesia bersama Fakultas Teknologi Pertanian UGM dan BeeJay Bakau Resort untuk meningkatkan kesadaran bahwa ikan adalah salah satu alternatif pangan lokal untuk mencegah kelaparan pada balita dan mudah diakses baik jarak maupun harga.

Menurut Dekan FTP UGM Eni Harmayani, ikan merupakan salah satu sumber protein yang penting untuk dukung tumbuh kembang anak dan memiliki banyak keunggulan.

Ikan sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak “Ikan juga merupakan pilihan pangan lokal yang mudah didapatkan karena jumlah produksinya melimpah di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Oleh sebab itu, diperlukan sosialisasi budaya makan ikan kepada anak sejak dini dengan cara-cara pengolahan yang kreatif” ungkap Eni.

Menurut Pendiri FOI, Hendro Utomo, kegiatan yang bertema “Bunda Sebagai Pahlawan Pangan bagi Balita” ini diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran bunda terkait pentingnya pangan lokal dan gizi bagi tumbuh kembang anak dan upaya pencegahannya demi masa depan Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9185 seconds (0.1#10.140)