Mengingat Falsafah Kota, Pagi Ini Cimahi Gelar Kirab Budaya

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 05:33 WIB
loading...
Mengingat Falsafah Kota, Pagi Ini Cimahi Gelar Kirab Budaya
Pagi ini ada kirab Budaya Ngarak Cai, dan Ngalokat Cai Cimahi. Foto/Ist.
A A A
BANDUNG - Cimahi menggelar acara Kirab Budaya Ngarak Cai, dan Ngalokat Cai Cimahi pada Sabtu-Minggu (24-25/10/2020). Acara ini sebagai bentuk syukur dan silaturahmi masyarakat Cimahi , atas air yang melimpah.

(Baca juga: Masjid Awal yang Pernah Dibakar Belanda Jadi Bukti Toleransi Umat Beragama di Simalungun )

Acara digelar oleh Bandoengmooi bersama Dewan Kebudayaan Kota Cimahi (DKKC) mengangkat falsafah Cimahi , yang tidak lepas dari unsur air dalam sebuah kegiatan bertajuk Festival Air 2020 Kirab Budaya Ngarak Cai dan Ngalokat Cai Cimahi .

"Kegiatan yang digelar dua ini merupakan kegiatan istimewa, karena dilaksanakan bertepatan dengan bulan Maulid, bulan Kelahiran dan wafatnya Nabi Muhammad SAW, sang Al-Mahi (penghapus/pembersih)," kata Ketua DKKC dan Ketuan Bandoengmooi, Hermana.

Dahulu, nenek moyang mengkeramatkan bulan Maulid dan melahirkan budaya ritual yang berhungan dengan air, yaitu Ngabungbang. Sebuah ritual yang berhungan dengan pembersihan diri, melakukan mandi malam di tujuh sumber mata air dan pencucian pekakas yang dianggap pusaka oleh masyarakat.

(Baca juga: Permudah Pembayaran PBB, Pemkot Bandung Gandeng Gopay )

"Kirab Budaya Ngarak Cai dan Ngalokat Cai Cimahi yang digelar pada bulan Maulid ini, mengingatkan kembali pada ritual ngabumbang. Melalu air kita bersikan diri dari segala kotoran yang menempel di tubuh. Lewat doa yang kita ucapakan semoga menjadi pembersih kotoran yang menempel pada jiwa/pikiran kita. Semoga air yang diberi doa, kita minum menjadi energi dan penyembuh segala penyakit yang bersemayam dalam tubuh," harap Hermana.

Hermana menegaskan, air juga harus menjadi media komunikasi atau ajang silaturahmi antar masyarakat bersama pemerintah daerah dalam menyatukan pikiran dan rasa dalam menjaga lingkungan hidup dan budaya lokal. Multi efek dari kegiatan Kirab Ngarak Cai dan Ngalokat Cai Cimahi diharapkan dapat merangsang kreatifitas, tingkatkan produktifitas, kembangkan ekonomi kreatif dan kunjungan wisata berbasis kebudayaan lokal di Kota Cimahi .

"Sedangkan harapan utama dari perhelatan budaya ini adalah lahirnya kesadaran seluruh elemen masyarakat betapa pentingnya memulayakan air, kerena air adalah sumber kehidupan. Maka menjadi penting pula menjaga kebersihan air dan lingkungannya dari berbagai pencemaran. Tanah terpelihara, air terpelihara dan budaya terpelihara, sehinggi benar-benar mewujudkan Cimahi Maju, Agamis dan Berbudaya," pungkas dia.

(Baca juga: Terdampak COVID-19, UMKM Pengolahan Ikan Dapat Bantuan )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2852 seconds (0.1#10.140)