Permudah Pembayaran PBB, Pemkot Bandung Gandeng Gopay

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 04:51 WIB
loading...
Permudah Pembayaran PBB, Pemkot Bandung Gandeng Gopay
Pemkot Bandung terus menggenjot pemasukan dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB) melalui beberapa kemudahan pembayaran. Foto/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - Pemkot Bandung terus menggenjot pemasukan dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB) melalui beberapa kemudahan pembayaran. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandung .

(Baca juga: Nekat Selundupkan Sabu, Polisi Ini Ditangkap Polda Kalbar )

Terakhir, Pemkot Bandung berkolaborasi dengan GoPay dan Bank BJB, agar warga bisa membayar pajak dan dengan menggunakan GoPay lewat fitur GoTagihan yang ada di aplikasi Gojek.

Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial mengapresiasi atas kerjasama strategis ini dan berharap kerja sama ini dapat semakin memberi kemudahan serta kenyamanan pada warga Bandung dalam membayar pajak.

"Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan mampu mendukung upaya reformasi birokrasi dan transparansi finansial yang diusung oleh Pemkot Bandung ," kata Oded, Jumat (23/10/2020).

(Baca juga: Jual Narkoba Demi Keuntungan Rp50 Ribu, DH Terancam Hukuman Mati )

Kolaborasi ini juga dipercaya akan membantu memaksimalkan potensi penerimaan daerah Kota Bandung . Bank Indonesia meyakini bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa mengalami peningkatan signifikan hingga rata-rata 11% apabila pemerintah daerah memanfaatkan transaksi non-tunai.

District Head Gojek Bandung Raya, Cut Emyra Fadhila mengatakan, GoPay terus memaksimalkan penggunaan transaksi non-tunai di berbagai aspek kehidupan masyarakat mulai dari donasi, kuliner, transportasi hingga membayar pajak. Pembayaran non-tunai dapat memudahkan masyarakat dalam bertransaksi, terutama saat Pemerintah Kota Bandung memasuki periode adaptasi kebiasaan baru.

"Kami terus membawa semangat untuk memudahkan masyarakat dan mendukung pemerintah daerah meningkatkan kualitas layanan publik dengan menghadirkan teknologi pembayaran non-tunai. Hingga saat ini sudah ada 12 daerah yang memanfaatkan GoPay dan GoTagihan sebagai opsi pembayaran pajak daerah," beber dia.

(Baca juga: Libur Panjang Tiba, Yuk Kenali 9 Destinasi 'Hidden Gems' di Indonesia )

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengaku, sinergi Gojek melalui layanan GoTagihan merupakan upaya bersama untuk menghadirkan kemudahan bagi masyarakat khususnya warga Bandung . Mayarakat bisa memenuhi kewajibannya pembayaran pajak tanpa harus keluar dari rumah juga tanpa antrian. Solusi ini sangat tepat di masa pandemi COVID-19.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)