Kampung Sabron Sari di Jayapura Siap Berdayakan Potensi Alam

Rabu, 06 Mei 2020 - 19:45 WIB
loading...
Kampung Sabron Sari di Jayapura Siap Berdayakan Potensi Alam
Bantuan sayur mayur yang diberikan kepada warga masyarakat dalam masa covid-19 oleh tim Dinas Sosial
A A A
SENTANI - Kepala Distrik Sentani Barat Beatriks Yabansabra mengatakan, masyarakat Kampung Sabronsari di bawah wilayah distriknya sangat kreatif dalam menangani masa pandemi Covid-19 saat ini dengan mengelolah Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki.

Dia mengapresiasi kinerja masyarakat yang bergotong royong dalam mengelola hasil alam. Seperti membuat kebun sayur, kolam ikan, dan hal ini perlu dicontoh oleh sejumlah kampung di wilayah Sentani Barat, termasuk memberikan dukungan dan motifasi bagi warga yang terpapar virus corona.

“Beberapa waktu lalu, ada satu masyarakat yang dinyatakan positif corona dari kampung ini, kepala kampung dan warga masyarakat secara berama-sama memberikan dukungan dan motifasi bagi pasien tersebut, alhasil pasiennya sudah sembuh dari corona,” ujar Beatriks di Kantor Kampung Sabron sari Distrik Sentani Barat, Selasa (5/5/2020).

Dikatakannya, sejalan dengan imbauan Pemkab, dalam hal ini Bupati Jayapura kepada seluruh masyarakat untuk kembali ke alam mengelola SDA yang dimiliki di masa penanganan Covid-19, pihaknya sudah menyosialisasikan kepada seluruh masyarakat di distrik Sentani Barat.

Menurutnya, kekuatan masyarakat di masing-masing Kampung adalah Sumber Daya Alam (SDA), sehingga perlu untuk kembali dan mengelolahnya menjadi sumber peghasilan tetapi juga pendapatan bagi ekonomi keluarga masing-masing.

“Kalau ada masyarakat yang punya lahan untuk bercocok tanam, bisa langsung koordinasi dengan pemerintah distrik, agar kami langsung mendatangkan bibit tanaman yang diperlukan melalui dinas terkai,” katanya.

Dari hasil kebun yang telah di panen, masyarakat juga tidak perlu kuatir soal pasar. Karena Pemerintah akan datang untuk membeli hasil kebun tersebut dan disalukan kembali bagi yang membutuhkan, baik di Kampung di wilayah Distrik Sentani Barat maupun di wilayah lain yang terdampak Covid-19.

“Kita tidak bisa hanya mengandalkan sembako saja, karena suatu waktu stok sembako juga bisa habis, tetapi kalau kembali bertani, bercocok tanam dengan potensi sumber daya alam yang dimiliki maka kehidupan kita akan terus berkelanjutan,” jelas Yabansabra.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5087 seconds (0.1#10.140)