Tak Dapat BLT Ratusan Warga Rusak Kantor Desa di Lombok Barat

Rabu, 06 Mei 2020 - 09:38 WIB
loading...
Tak Dapat BLT Ratusan Warga Rusak Kantor Desa di Lombok Barat
Ratusan warga dari tiga dusun di Desa Suka Makmur, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, NTB mengamuk dan merusak kantor desa setempat. Foto iNews TV/Muzakir
A A A
LOMBOK BARAT - Ratusan warga dari tiga dusun di Desa Suka Makmur, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, NTB mengamuk dan merusak kantor desa setempat, Rabu dinihari (6/5/2020). Mereka kecewa banyak warga setempat tidak masuk data penerima BLT dan jaring pengaman sosial (JPS) terdampak COVID-19 Pemkab Lombok Barat.

Tanpa komando yang jelas masyarakat tiba-tiba merangsek masuk melakukan pengrusakan sehingga sejumlah fasilitas kantor desa seperti kaca jendela pecah dan atap parkiran jebol akibat dilempar mercon. (Baca: PT KAI Imbau 30 Ribu Calon Penumpang Musim Angkutan Lebaran Segera Batalkan Tiket)

Warga mempertanyakan pendataan penerima bantuan terdampak COVID-19 itu. Karena banyak warga yang terdampak tidak menerima bahkan diduga pendataan penerima JPS diintervensi Ketua BPD setempat tanpa melibatkan pihak pemerintah desa buntutnya warga menuntut Ketua BPD itu mundur.

Kepala Desa Suka Makmur mengatakan, aksi demo yang dilakukan itu berlangsung sebanyak dua kali. “Saya sebenarnya sudah meyakinkan warga jika pendataan tahap dua JPS COVID-19 akan dilakukan agar bantuan itu benar tepat sasaran. Sebab pihaknya juga tengah melakukan pendataan untuk penerima bantuan langsung tunai (BLT) desa untuk terdampak COVID-19,” kata dia, Rabu (6/5/2020).

Menurut dia, desa hanya menerima data penerima untuk selanjutnya diverifikasi oleh masing-masih kepala dusun. “Jumlahnya sebanyak 191 kepala keluarga dari usulan sebanyak 205 KK. Sedangkan untuk JPS Gemilang NTB hanya 14 KK yang menerima,” ungkap dia.

Pihaknya pun menduga data yang dipergunakan untuk JPS COVID-19 itu data lama. Akibatnya banyak warga yang tak masuk.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)