Jelang Tampil di Kejuaraan Nasional Pencak Silat, Perguruan Kun Thaw Muara Kalong Gembleng Pesilat

Senin, 19 Oktober 2020 - 14:41 WIB
loading...
Jelang Tampil di Kejuaraan Nasional Pencak Silat, Perguruan Kun Thaw Muara Kalong Gembleng Pesilat
Murid pedepokan pencak silat Kun Thaw Muara Kalong berlatih di saat pandemi jelang kejuaraan nasional.Foto/iNews/Hari Kasidi
A A A
MATARAM - Jelang tampil di ajang kejuaraan nasional, perguruan silat Kun Thaw Muara Kalong menggembleng para pesilatnya dengan menambah porsi latihan.

(Baca juga: Tolak Kepsek Baru Pernah Terlibat Kasus Asusila, Pelajar-Alumni SMA 9 Kendari Mogok Belajar dan Gelar Demo)

Meski saat ini kondisi pandemi Corona (COVID-19), tidak membuat agenda latihan terganggu. Proses latihan terus berjalan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

(Baca juga: Samsul Pembunuh Rangga dan Pemerkosa Ibu di Aceh Timur Dimakamkan Satu TPU dengan Korbannya)

Padepokan silat Kun Thaw Muara Kalong yang ada di Kelurahan Bertais, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), terus meningkatkan kemampuan para pesilatnya.

Ketua Pusat Kun Thaw Muara Kalong, Yusuf Hidayat Sahidin mengatakan, pencak silat Kun Thaw Muara Kalong perpaduan seni bela diri dan olahraga prestasi yang didirikan almarhum Haji Syahudin Umar.

Berdiri pada tahun 1981, perguruan silat ini perpaduan seni bela diri China dan Sasak Lombok. Kun Thaw berarti tangan kosong, Muara Kalong berarti muara atau pertemuan aliran sungai dengan laut, sedangkan kalong berarti burung kaong.

"Selain mengajari seni bela diri, padepokan Kun Thaw Muara Kalong juga mengajari spiritual kepada anggotanya untuk benteng dari pengaruh negatif," ujarnya.

Rahmat Ardiasnya, atlet pencak silat Kun Thaw Muara Kalong, mengaku banyak hak positif semala bergabung dengan perguruannya.
(zil)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)