Meluncur Kang! Jalur Ciranjang-Cipatat KAI Gratiskan Tiket hingga September

loading...
Meluncur Kang! Jalur Ciranjang-Cipatat KAI Gratiskan Tiket hingga September
Kementerian Perhubungan mulai mengaktifkan kembali jalur kereta api (KA) Ciranjang-Cipatat. (Foto/SINDOnews/Arif Budianto)
BANDUNG - Kementerian Perhubunganmulai mengaktifkan kembali jalur kereta api (KA) Ciranjang-Cipatat. Jalur tersebut sebelumnya dilakukan reaktivasi, dengan panjang lintasan mencapai 30 km.

Dengan aktifnya jalur tersebut, relasi KA Siliwangi dari yang sebelumnya Sukabumi – Ciranjang, menjadi Sukabumi – Cipatat (PP) mulai keberangkatan 21 September 2020.

Peresmian reaktivasi tersebut dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi oleh jajarannya. Turut hadir pula Anggota Komisi V DPR RI Neng Eem Marhamah, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo di Stasiun Cipeuyeum, Senin (21/9/2020). (BACA JUGA: Sejatinya Saingan Kota Medan Itu Singapura dan Kualalumpur, Bukan Kota Lokal)

“Perpanjangan operasi KA Siliwangi ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian daerah,” ujar Didiek dalam keterangan resminya.



Menurut dia, masyarakat dapat menikmati layanan transportasi yang tidak hanya murah, tapi aman, nyaman, bebas dari kemacetan, selamat, dan sehat sampai di tujuan.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melakukan reaktivasi Jalur Cianjur – Ciranjang – Cipatat untuk mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya serta meminimalisasi biaya angkutan dan distribusi logistik nasional. (BACA JUGA: Pesawat Pengangkut Jenazah Serka Sahlan Ditembak KKB Papua)

Bertahap sejak 2018, dilakukan peningkatan jalur dan normalisasi badan jalan kereta api. Kini jalur tersebut seluruhnya telah memenuhi aspek keselamatan dalam pengoperasian kereta api.

Sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, KAI menggratiskan tiket KA Siliwangi untuk rute Ciranjang – Cipatat PP.



Meski gratis, masyarakat tetap harus membeli tiket seharga Rp0 di loket stasiun yang dilayani KA Siliwangi yaitu Stasiun Sukabumi, Gandasoli, Cireungas, Lampegan, Cibeber, Cianjur, Ciranjang, Cipeuyeum, dan Cipatat yang dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top