Bandung Rawan Kejahatan Jalanan, Ini Kata Wali Kota Oded

Jum'at, 04 September 2020 - 15:19 WIB
loading...
Bandung Rawan Kejahatan Jalanan, Ini Kata Wali Kota Oded
Wali Kota Bandung Oded M Danial. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
BANDUNG - Dalam satu bulan terakhir, marak terjadi aksi para penjahat jalanan (street criminal) yang meresahkan warga Kota Bandung , Jawa Barat. Sejumlah orang telah menjadi korban para pelaku kejahatan jalanan tersebut.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, kriminalitas meningkat dalam satu bulan terakhir ini diduga akibat dampak pandemi COVID-19. Wabah virus Corona menyebabkan perekonomian masyarakat terpuruk. (BACA JUGA: Bandung Diteror Penjahat Jalanan, Dua Pekan 9 Warga Jadi Korban )

"Kriminalitas ini kan mungkin ya dampak dari COVID. Ekonomi segala macam. Ya, saya terus berkoordinasi dengan Pak Kapolrestabes (Kapolrestabes Bandung Ulung Sampurna Jaya) dan TNI (Dandim 0618/BS) dalam mengatasi masalah kriminalitas," kata Oded ditemui wartawan di Gedung Satuan Sabhara Polrestabes Bandung, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Jumat (4/9/2020). (BACA JUGA: Diperiksa KPK sebagai Saksi Kasus RTH, Oded Diberondong 5-6 Pertanyaan )

Menurut Oded, untuk mengatasi kriminalitas jalanan ini, semua pihak, termasuk masyarakat, harus bersama-sama. "Insya Allah lah Bandung aman. Saya berupaya bersama Forkopimda selalu berkoordinasi (untuk menekan angka kriminalitas)," ujar Oded.

Disinggung apakah ada program siskamling akan digalakan? Wali Kota menuturkan, Pemkot Bandung telah membahas soal ini dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bandung. (BACA JUGA: Perampok Beraksi di Antapani, Pelaku Cekik Leher dan Rampas Ponsel Korban )

"Itu (siskamling) sudah kami bahas. Kami bicarakan di internal pemkot dan dengan Forkopimda. Kan dulu pernah ada ronda, kami akan bahas Insya Allah," tutur Wali Kota.

Sementara itu, terkait rencana penerapan kembali jam malam di Kota Bandung, Oded mengungkapkan, belum dibahas lebih lanjut dengan Forkopimda Kota Bandung. Soal jam malam akan dibahas lebih lanjut.

"Saya kebetulan dengan Pak Kapolrestabes dan Forkopimda belum ngobrol dan diskusi lagi. Tapi, sementara ini kan masih ada penutupan-penutupan. Ya kami bahas dulu lah nanti," ungkap Oded.

Seperti diberitakan sebelumnya, masyarakat Kota Bandung resah oleh aksi kejahatan jalanan (street crime) yang marak dalam dua pekan terakhir. Sedikitnya sembilan warga Bandung telah menjadi korban komplotan begal yang beraksi di beberapa tempat.

Data yang dihimpun SINDOnews, kejahatan jalanan menonjol dan menggegerkan Bandung terjadi pada Senin (24/8/2020) sekitar pukul 23.00 WIB yang dialami Yoga Novan Yasin (23) dan temannya Qataz.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.3936 seconds (0.1#10.140)