Integrasi Tol Laut, Pemerintah Bangun Depo di Sejumlah Daerah

Senin, 30 September 2024 - 21:05 WIB
loading...
A A A
Dalam 10 tahun terakhir, Program Tol Laut ini membuktikan bahwa inisiatif pemerintah untuk menciptakan pemerataan ekonomi dapat terwujud dengan komitmen bersama dari berbagai pihak.

"Pemerintah pun akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar program ini dapat memberikan manfaat maksimal bagi seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

Moga menambahkan, koordinasi lintas lembaga menjadi kunci utama keberhasilan Program Tol Laut dalam menekan disparitas harga antarwilayah. Pemerintah mencatat sejak pengimplementasian program ini, rata-rata inflasi berada di bawah target sasaran.

"Berkurangnya disparitas harga ini menunjukkan keberhasilan koordinasi yang baik antarlembaga serta komitmen kuat pemerintah untuk mewujudkan keadilan ekonomi bagi seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

Keberhasilan ini juga tidak lepas dari peran aktif berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga para pelaku usaha yang memanfaatkan tol laut untuk pengiriman barang.

“Ini koordinasi antar lembaga, salah satunya pemda. Tergantung pemda mana, memilih produk mana untuk dipasarkan ke mana, baik domestik maupun internasional,” tambah Moga.

Dengan adanya koordinasi yang baik antar lembaga serta pemanfaatan tol laut yang optimal, disparitas harga barang di berbagai wilayah Indonesia diharapkan dapat terus menurun.

"Efisiensi ini tidak hanya meringankan beban masyarakat, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih merata di seluruh pelosok negeri," ucapnya.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah terus mendorong peningkatan produksi lokal agar muatan balik dapat dioptimalkan, sehingga biaya logistik dapat ditekan dan harga barang di wilayah timur semakin kompetitif.
(shf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)