Festival Harmoni Budaya Nusantara Hidupkan Budaya Lokal di IKN

Jum'at, 06 September 2024 - 14:56 WIB
loading...
A A A
"Kami siap menghadirkan jati diri kami dengan hadirnya IKN, sehingga pertunjukan seni di IKN dapat diisi oleh masyarakat Penajam Paser Utara, karena pembangunan nasional bukan terkait infrastruktur semata, melainkan juga pembangunan manusia," kata Makmur Marbun.

Lebih lanjut, Makmur Marbun menegaskan bahwa para pelaku budaya wajib dilindungi hak ciptanya guna bisa terus melestarikan budaya bangsa Indonesia.

"Budaya adalah cara hidup kita berkembang. Kita harus jaga dan lestarikan kebudayaan lokal, kalau penting dilindungi hak ciptanya," ucapnya.

Sekedar informasi, FHBN tahun 2024 ini diselenggarakan dengan melibatkan sekitar 700 peserta baik pelaku budaya maupun masyarakat umum di Penajam Paser Utara. Peserta pawai budaya mulai memasuki area Kantor Bupati Penajam Paser Utara sekitar pukul 08.30 WIT.

Sejumlah kegiatan unggulan FHBN 2024 yang berlangsung diantaranya gathering generasi digital Gerakan Nasional Revolusi Mental, penampilan 10 objek pemajuan kebudayaan betupa tarian, bertutur, ritus permainan rakyat, serta ekonomi kreatif (UMKM dan film), serta seminar pelestarian dan revitalisasi objek pemajuan kebudayaan.

Selain itu, juga pemasyarakatan literasi keuangan usaha mikro melalui Lamikro, pelatihan bagi fasilitator untuk dosen kewirausahaan di Provinsi Kalimantan Timur, pelatihan pemuda relawan rawan sosial, serta klub berkawan chapter Ibu Kota Nusantara "Forum Pemimpin Muda Cendekia: Gerak Bersama untuk Nusantara Baru Indonesia".
(shf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)