Kisah Abu Fida, Eks Pentolan JI Pimpin Kelompok Napiter Tambang Gelar Upacara HUT ke-79 RI di Tuban

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 17:46 WIB
loading...
A A A
Dengan latar belakang tambang yang menjadi penggerak ekonomi masyarakat Punggul, Abu Fida menekankan bahwa pekerja tambang harus memahami betul peran mereka dalam pembangunan bangsa.

Para anggota Kelompok Terbang sebagaian besar memang merupakan eks napiter.

Meski awalnya skeptis, perlahan masyarakat mulai menerima kehadiran mereka kembali, terutama setelah kelompok ini aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial dan ekonomi desa.

Peringatan HUT kemerdekaan ini menjadi puncak dari segala upaya mereka untuk merajut kembali ikatan sosial yang sempat terkoyak.

Abu Fida melanjutkan, kegiatan itu bukan sekadar rutinitas simbolis. Di balik lomba-lomba khas 17an seperti panjat pinang dan tarik tambang, ada dialog kebangsaan yang melibatkan para pegiat tambang.

Para pekerja tambang, yang selama ini fokus pada kesejahteraan pribadi, diajak untuk merenung tentang peran mereka dalam kehidupan berbangsa.

“Nasionalisme itu tidak hanya tentang mengibarkan bendera atau meneriakkan semboyan, tapi bagaimana kita bisa berkontribusi kepada negara dalam segala hal yang kita lakukan, termasuk di tambang ini,” tambah Yani salah satu tokoh masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Berbagi dengan Masyarakat

Rangkaian peringatan HUT RI di sana juga diisi dialog, diskusi sederhana. Beberapa mantan napiter berbagi kisah perjalanan hidup mereka, mulai dari keterlibatan mereka dalam aksi terorisme hingga kesadaran akan pentingnya nasionalisme.

Mereka mengajak para pegiat tambang untuk memahami betapa pentingnya rasa memiliki terhadap bangsa dan negara, serta menanamkan kebanggaan menjadi bagian dari Republik Indonesia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2615 seconds (0.1#10.140)