Alissa Wahid Apresiasi Transformasi Layanan Kemenag di IMF 2024

Kamis, 01 Agustus 2024 - 11:12 WIB
loading...
A A A
Selain transformasi digital, program besar lain yang diusung Kemenag adalah Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA), kemandirian pesantren, penguatan moderasi beragama, cyber Islamic University, tahun kerukunan umat beragama dan religiousity index.

"Terus terang sekarang layanan digital di Kemenag lebih banyak. Perubahan budaya birokrasi dan program ini mulai dilakukan tahun 2020 (era Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas). Intinya di era perkembangan teknologi yang tumbuh cepat ini, institusi harus cermat dalam melakukan transformasi," terang aktivis sosial bernama lengkap Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid tersebut.

Berpijak kesusksesan di Kemenag, Alissa mendorong para mahasiswa dan enterpreneur wilayah Yogyakarta, Solo dan Semarang (Joglosemar) untuk terus melakukan transformasi dalam kehidupannya.

Pesan ini, menurut putri sulung Gus Dur ini penting karena seringkali pengusaha muda mudah terjebak pada romantisme kesuksesan. Ini yang menyebabkan mereka berlaku monoton, mudah puas dan menikmati zona kenyamanan.

"Mengelola bisnis yang mapan tidak mudah. Sebagai entrepreneur harus terus berupaya melakukan progress (perubahan) untuk perusahaan. Termasuk harus memiliki target menjadi business owner, bukan entrepreneur terus," katanya.

Pandangan serupa dikatakan Wakil Dekan Bidang Aset, Keuangan dan SDM Fakultas Pertanian UGM Siti Ari Budhiyanti yang membuka ajang IMF 2024 bertajuk Pilot Marketing Flying in Turbulence tersebut.

Menurut Ari, kemajuan teknologi digital seharusnya jadi peluang bagi pengusaha muda untuk mengembangkan dan memajukan bisnis.

"Platform digital ini efektif untuk membantu memasarkan produk termasuk hasil-hasil pertanian," ujar Ari.
(shf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)