Alissa Wahid Apresiasi Transformasi Layanan Kemenag di IMF 2024

Kamis, 01 Agustus 2024 - 11:12 WIB
loading...
Alissa Wahid Apresiasi...
Putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Alissa Wahid menilai Kemenag mampu melakukan terobosan besar dalam pengelolaan birokrasi dan layanannya. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Alissa Wahid menilai Kementerian Agama (Kemenag) mampu melakukan terobosan besar dalam pengelolaan birokrasi dan layanannya. Sehingga publik semakin terlayani dengan baik.

Bukti keberhasilan itu antara lain ditandai adanya transformasi layanan di Kemenag yang serba digital. Selain memudahkan akses, digitalisasi layanan ini juga menghadirkan aspek kecepatan dan transparansi.



Alissa Wahid mengungkapkan hal itu di depan puluhan mahasiswa dan enterpreneur muda pada ajang Indonesia Marketing Festival (IMF) 2024 di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Rabu (31/7/2024).

Dia menilai, capaian yang dilakukan oleh Kemenag adalah sebuah langkah maju dan membanggakan. Sebab dia mengakui transformasi di sebuah kementerian atau lembaga (K/L) bukanlah hal mudah.

"Transformasi di kementerian dan lembaga itu sangat kompleks dan sulit. Selain tidak berbasis profit seperti perusahaan, sanksi kepada pegawai juga tak ada. Jika pegawai tak mendukung program pun tidak sampai dipecat," ujar pegiat gerakan sosial dan pengembangan masyarakat itu.

Menurut Alissa, di antara kunci keberhasilan Kemenag melakukan transformasi adalah keberaniannya untuk menggandeng mitra-mitra strategis secara efektif.



Pihak terkait itu dilibatkan untuk memetakan masalah, mendesain solusi dan membantu menyiapkan program terbaik.

Pada aspek layanan publik misalnya, saat ini sudah hampir semua serba terdigitalisasi. Bahkan Kemenag juga meluncurkan aplikasi Pusaka yang memiliki banyak jenis layanan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2344 seconds (0.1#10.140)