Status Gunung Ruang Sulut Naik ke Level Waspada, Ini Penyebabnya

Selasa, 16 April 2024 - 16:23 WIB
loading...
A A A
Pada umumnya, kegempaan vulkanik di Gunung Ruang cenderung rendah, lebih didominasi oleh gempa tektonik.

Diperkirakan kegempaan vulkanik ini merupakan pengaruh dari Subduksi Sulawesi Utara dan Subduksi Ganda di Laut Maluku.

Namun aktivitas vulkanik Gunung Ruang sampai pada periode 1-15 April 2024 selain didominasi oleh Tektonik Jauh, terjadi eskalasi pemunculan Gempa Vulkanik Dalam (VTA) pasca Gempa Tektonik 9 April 2024 dan 14 April 2024.

Menurut BMKG Gempa Tektonik 9 April mempunyai magnitudo 6.4, kedalaman 27 km dan berlokasi di 94 km baratlaut Pulau Doi, Maluku Utara.

Sedangkan Gempa Tektonik 14 April mempunyai magnitudo 5.1, kedalaman 10 km dan berlokasi di 122 km baratdaya Pulau Doi, Maluku Utara. Kedua gempa tersebut terasa dengan skala I MMI.

"Pemunculan Gempa Vulkanik Dalam (VTA) biasanya berkaitan dengan migrasi magma dari kedalaman dalam ke permukaan," jelas PVMBG.

PVMBG mengatakan pada tingkat aktivitas Gunung Ruang Level II (Waspada) direkomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan tetap waspada.

"Agar tidak mendekati kawah aktif Gunung Ruang pada radius 2 km. Pengunjung tidak boleh menginap dalam kawasan kawah aktif. Tidak mendekati lubang tembusan gas yang berada di sekitar kawah untuk menghindari potensi bahaya gas beracun," imbaunya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)