Jaga Regenerasi dan Eksistensi Budaya, Alam Ganjar Apresiasi Saung Angklung Udjo

Minggu, 03 Desember 2023 - 20:11 WIB
loading...
A A A
Alam pun terkesima dengan regenerasi yang dilakukan oleh Udjo melalui pembinaan dan pemberdayaan masyarakat setempat.

"Regenerasi Kang Udjo ini cukup baik karena pembinaanya pun dilakukan secara berkelanjutan, saya denger tadi dari usia kecil sampai dewasa berkecimpung di sini itu salah satu maintenance regenerasi yang baik dan salah satu aspek kenapa SAU bisa bertahan hingga saat ini," ungkapnya.

Disinggung soal aktivitas sociopreneur, Alam pun sepakat bahwa Kang Udjo, selain menjaga eksistensi budayanya, seni budaya tersebut mengedepankan bisnis untuk kepentingan sosial, di mana Saung Angklung Udjo sendiri mengedepankan pemberdayaan masyarakat setempat sebagai seniman dan pengrajin di tempat tersebut.

"Sepakat, tapi lebih fokus kepada pemberdayaan masyarakat sekitar sebagai talent, pengrajin dan lain sebagainya. Salah satu produk utamanya adalah SAU ini berhasil menjaga kebudayaan menjadi tonggak dan tameng utama," jawab Alam.

Oleh karena itu, Alam pun mengajak segenap pihak, terutama generasi muda untuk senantiasa menjaga keberdayaan budaya Indonesia di tengah gempuran budaya asing.

"Banyak kok budaya Indonesia yang bisa di inovasikan dan diadaptasikan dengan gaya-gaya baru, mari kita jaga sama-sama," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Alam pun diminta bernyanyi bersama salah satu peserta yang ia tunjuk. Dirinya menyanyikan lagu dari Raim Laode yang berjudul "Komang". Sontak peserta yang didominasi oleh wanita histeris, terlebih saat Alam memotret lawan nyanyinya dalam momen tersebut.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3976 seconds (0.1#10.140)