Jaga Regenerasi dan Eksistensi Budaya, Alam Ganjar Apresiasi Saung Angklung Udjo

Minggu, 03 Desember 2023 - 20:11 WIB
loading...
Jaga Regenerasi dan Eksistensi Budaya, Alam Ganjar Apresiasi Saung Angklung Udjo
Putra Capres 2024 Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar menghadiri acara Angklung Groove Fest Melodi Muda Indonesia di Saung Angklung Udjo, Padasuka, Bandung. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Putra Capres 2024 Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar menghadiri acara Angklung Groove Fest Melodi Muda Indonesia di Saung Angklung Udjo, Padasuka, Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/11/2023) malam.

Acara tersebut kolaborasi antara Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Saung Angklung Udjo (SAU) yang dihadiri oleh ribuan masyarakat yang didominasi oleh anak muda Kota Bandung.



Saung Angklung Udjo merupakan salah satu tempat wisata berbasis budaya dan angklung sebagai objeknya. Para pengunjung disajikan berbagai fasilitas hiburan yang berhubungan dengan alat musik tradisional angklung.

Alam Ganjar menyampaikan kesan dan pengalaman pertamanya mengikuti acara tersebut. Dirinya kagum dengan penampilan angklung yang di kolaborasikan dengan alat musik modern yang menghasilkan perpaduan musik yang indah dan diterima oleh masyarakat terutama kalangan generasi muda.



"Saya pertama kali denger angklung dimanin dengan progresif jazz, jadi sudah mulai banyak cara bagaimana musik tradisional udah mulai diadaptasikan dengan anak muda," ungkap Alam.

Ditanya soal eksistensi Angklung Udjo yang masih kuat di tengah gempuran budaya asing, Alam menganggap Udjo mampu menjaga karakter budaya, tetapi tetap berinovasi sehingga keberadaanya masih eksis hingga saat ini.



"Pertama, mengangkat kuat dari nilai tradisionalnya, di sisi lain ada kutipan dari almarhum Kang Udjo yang menyampaikan jaga apa yang sudah kita punya dan ciptakan yang baru, dalam artian kita tidak menghilangkan apa yang punya tapi kita terus berinovasi menciptakan hal yang baru, agar bisa terus berkembang seiring perkembangan jaman," jawab Alam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2827 seconds (0.1#10.140)