Mega Tegaskan Calon Pemimpin Daerah PDIP Harus Bebas Korupsi

Senin, 18 Desember 2017 - 14:38 WIB
Mega Tegaskan Calon Pemimpin Daerah PDIP Harus Bebas Korupsi
Mega Tegaskan Calon Pemimpin Daerah PDIP Harus Bebas Korupsi
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan ( PDIP ), Megawati Soekarnoputri meminta para calon kepala daerah yang diusung partainya untuk menghindari korupsi dan tidak memanfaatkan jabatan untuk memperkaya diri. Hal itu disampaikan Megawati saat mengenalkan empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Nusa Tenggara Timur di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Minggu 17 Desember 2017. (Baca juga: Januari, Megawati Akan Umumkan Paslon Jabar dan Jateng )

Menurut Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, pesan Megawati tersebut jelas disampaikan kepada para calon kepala daerah yang mau maju dari partai berlambang banteng moncong putih. Pesan itu menegaskan agar calon kepala daerah harus menghadirkan pemerintah untuk rakyat yang bersih dari korupsi.

"Maka partai juga akan meminta pada para calon untuk umumkan berapa kekayaannya, sehingga nantinya jadi bagian dari instrumen kebijakan yang transparan termasuk dengan harta kekayaan," kata Hasto usai mendampingi Mega di kantor DPP PDIP. (Baca juga: Sudirman Said Maju, Pilgub Jateng Semakin Seru )

Hasto menginstruksikan seluruh jajaran struktural partai di Jawa Tengah terus bergerak ke bawah menyiapkan ketika paslon itu nanti akan diumumkan Megawati.

Saat ini DPD PDIP Jawa Tengah telah menyerahkan lima nama calon gubernur yang akan diusung dalam Pilgub Jateng kepada Megawati. Siapa yang akan diusung, diputuskan Mega.

Menurut Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto, pihaknya sudah menyelesaikan tugas untuk melakukan penjaringan calon. Total, ada 19 bakal calon yang mendaftar Pilgub Jateng melalui PDIP. Lima nama mendaftar sebagai cagub, 14 nama lainnya sebagai cawagub.

Bambang mengatakan, kelima calon gubernur Jateng yang mendaftar melalui PDIP yakni Bupati Kudus Musthofa , mantan Bupati Klaten dua periode Sunarno, Wardoyo Wijaya (Bupati Sukoharjo Periode 2010-2015 dan 2016-sekarang), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan seorang kepala desa di Kendal. (Baca juga: PDIP Disarankan Usung Cagub Jateng yang Berintegritas )

"Soal siapa (cagub-cawagub) yang akan diusung, masih di saku Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri)," kata Bambang Pacul, sapaan akrab Bambang Wuryanto kepada SINDOnews, Minggu 17 Desember 2017.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8463 seconds (0.1#10.140)