Kesaktian Aman Dimot, Pejuang Aceh yang Tetap Hidup Meski Dilindas Tank

Rabu, 22 November 2023 - 07:40 WIB
loading...
A A A
Pada 25 Mei - 10 Juli 1945, Aman Dimot mengikuti latihan kemiliteran yang diselenggarakan Dewan Perjuangan Rakyat (DPR) di Takengon, dipimpin oleh Moede Sedang, dilatih oleh Nataroeddin, Komandan Kompi 16 Tentara Republik Indonesia.



Pada masa Agresi Militer Belanda I, dia bersama pejuang lainnya dikenal begitu gigih mempertahankan jengkal demi jengkal tanah Republik Indonesia dari rongrongan Kolonial Belanda.

Di balik keberanian dan ketangguhan jiwanya, Aman Dimot, juga merupakan sosok yang taat beribadah dan memiliki ilmu kebal (tahan senjata tajam dan peluru). Kelebihan yang dianugerahkan Tuhan ini, kerap membuat musuh yang dihadapinya ciut.

Aman Dimot bersama pang-pang (panglima) lainnya asal Gayo, pada 1947 menyerbu Belanda ke Sumatera Timur. Di mana pada saat itu, Batang Serangan, Langkat, sudah terlebih dahulu dikuasai oleh pasukan Belanda.

Untuk menghadapi Belanda, pasukan Panglima Abu Bakar Aman Dimot bergabung dengan pasukan pejuang setempat menyerang Batang Serangan, dan Rumah Sakit Umum Batang Serangan, yang sudah dijadikan markas militer Belanda.

Dalam penyerangan tersebut, pasukan pejuang menjadi terdesak karena pasukan musuh mengerahkan berbagai senjata berat, termasuk tank. Melihat pertempuran yang tak imbang, pasukan pejuang mengundurkan diri untuk mengatur ulang strategi.



Pilihan lain diambil Panglima Abu Bakar Aman Dimot. Dia bersama dua orang temannya, tidak mau mengundurkan diri dan terus maju mendekati markas militer Belanda. Ketika tengah malam dia nekat menerobos markas militer Belanda hanya dengan menggunakan pedangnya.

Pertempuran sengit di dalam markas militer Belanda, tak dapat dielakkan. Panglima Abu Bakar Aman Dimot dengan kelincahannya dalam bermain pedang, membuat kacau balau pasukan musuh dan dapat meloloskan dalam peristiwa tersebut, sementara kedua temannya gugur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)