Kisah Penolakan Bung Tomo Menyambut Kedatangan Tentara Inggris di Surabaya

Sabtu, 11 November 2023 - 06:25 WIB
loading...
A A A
Di Surabaya, secara terang-terangan Huijer menentang revolusi yang dikobarkan para pejuang Indonesia. Sikap Huijer bahkan memancing kemarahan para pejuang di Surabaya, alhasil Huijer ditangkap dan ditahan oleh aparat keamanan Indonesia di penjara Kalisosok Surabaya.

Bahkan pada saat menjelang kedatangan tentara Inggris di Surabaya, Drg. Moestopo, rekan Bung Tomo yang saat itu telah mengangkat diri menjadi menteri pertahanan mengajak rakyat Surabaya bersiap - siap untuk melakukan peperangan dengan pasukan Inggris.

Rakyat Surabaya diajakbersiaga menyambut kedatangan tentara Inggris dengan senjata.Moestopo menyeru sambil mengendarai mobil terbuka, dan pedang terhunus di tangan.

Ia sambil teriak - teriak di sepanjang jalan di Surabaya, menyadarkan rakyat atas bahaya yang sedang mengancam.

Moestopo pula yang turut menyeru berpidato lantang melalui radio pada malam harinya. Secara khusus ia memperingatkan kepada tentara Inggris dan NICA (Netherlands Indies Civil Administration), agar jangan mendarat di Surabaya.

Namun tentara Inggris tetap mendarat di Surabaya, dengan diikuti tentara NICA yang membonceng tentara Inggris. Hal ini memicu gejolak rakyat Indonesia dan memunculkan pergerakan perlawanan rakyat Indonesia di mana - mana.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)