Kisah Penolakan Bung Tomo Menyambut Kedatangan Tentara Inggris di Surabaya

Sabtu, 11 November 2023 - 06:25 WIB
loading...
Kisah Penolakan Bung Tomo Menyambut Kedatangan Tentara Inggris di Surabaya
Peringatan Hari Pahlawan pada 10 November digunakan oleh kreator konten Pasko Boyoh dengan rekayasa digital yang menarik. Foto/Instagram
A A A
SURABAYA - Informasi Menteri Penerangan Amir Syarifuddin mengenai adanya tentara Inggris yang tiba di Surabaya untuk mengangkuti tentara Jepang, tak langsung dipercaya Bung Tomo. Sebab tentara Inggris memasuki Indonesia pada 15 September 1945 bersama sekutunya di Jakarta.

Di sisi lain, tentara Jepang yang telah menyerah pasca proklamasi kemerdekaan dilucuti persenjataannya oleh pejuang Indonesia, termasuk di Surabaya. Memang pasca proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Pergolakan peperangan di nyaris seluruh daerah di Indonesia masih terjadi, demi mempertahankan kemerdekaan.



Maka ketika pasukan Inggris yang masuk ke Surabaya, Menteri Penerangan meminta Bung Tomo dan pasukannya untuk menghormati dan menyambut baik kedatangan sekutu di Surabaya, seperti halnya di Jakarta.

Namun oleh Bung Tomo dan rakyat Surabaya ajakan menteri penerangan Amir Syarifuddin itu ditolak mentah-mentah.Dikisahkan pada buku “Bung Tomo Hidup dan Mati Pengobar Semangat Tempur 10 November” karya Abdul Waid.

Bung Tomo orang pertama yang tidak percaya terhadap yang disampaikan pemerintah pusat. Sebab itu, ia mengajak semua orang Surabaya untuk berhati-hati seraya mencurigai kedatangan Inggris sebagai usaha membantu mengembalikan kolonialisme Belanda di Indonesia.



Kecurigaan Bung Tomo dan kawan - kawannya bukannya tanpa alasan, pasalnya sebelum Kolonel P.J.G Huijer perwira tentara sekutu berkebangsaan Belanda yang datang di Surabaya pertama kali pada tanggal 23 September sebagai utusan Laksamana Pertama Paterson.

Yang notabene Pimpinan Angkatan Laut Sekutu di Asia Tenggara. Ternyata kedatangan perwira Belanda ini membawa misi rahasia dari pimpinan tertinggi angkatan laut Kerajaan Belanda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)