Parah! Alat Pemantau Gunung Tangkuban Parahu Hilang Dicuri

Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:34 WIB
loading...
Parah! Alat Pemantau Gunung Tangkuban Parahu Hilang Dicuri
Alat pemantau Gunung Tangkuban Parahu di perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat (KBB) dengan Kabupaten Subang hilang dicuri. Foto/Ist
A A A
BANDUNG BARAT - Aktivitas pemantauan Gunung Tangkuban Parahu yang berada di perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat (KBB) dengan Subang tiba-tiba tidak akurat. Setelah ditelusuri ternyata alat pemantauan atau monitoring aktivitas Gunung Tangkuban Parahu hilang dicuri.

Pencurian dan pengrusakan alat monitoring Gunung Tangkuban Parahu itu dibenarkan Ketua Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu, Adzan Anugrah Indiarsyah saat dihubungi, Selasa (31/10/2023).



"Iya betul (terjadi perusakan dan pencurian)," kata Adzan.

Rusak dan hilangnya peralatan berupa kabel jaringan dan kabel sistem power itu baru bermula ketika petugas di pos pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu tidak menerima data pemantauan dari lapangan berupa data CCTV, Seismik, dan GPS, Sabtu (28/10/2023) sekitar pukul 19.06 WIB.



Kemudian pada hari Senin (30/10/2023) petugas pengamatan Gunung Tangkuban Parahu melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk mengetahui penyebab tidak masuknya data CCTV, Seismik hingga GPS tersebut.

"Kami petugas pengamat gunungapi Tangkuban Parahu melakukan pengecekan ke lapangan. Lokasi peralatan itu berada di bangunan pos lama di puncak," ujar Adzan.


Hasilnya membuat ia dan rekannya kaget, sebab sistem power dan jaringan peralatan pemantauan Gunung Tangkuban Parahu telah dirusak serta dicuri sehingga mengakibatkan kerugian.

Adzan engatakan benda yang dicuri yakni kabel jaringan dan kabel sistem power peralatan pemantauan/monitoring yang fungsinya secara umum untuk memonitoring aktivitas Gunung Tangkuban Parahu.

"Dampaknya data dari lapangan tidak dapat diterima di pos pengamatan. Sehingga monitoring tidak dapat diamati secara optimal," terang Adzan.

Pihaknya sudah melaporkan kejadian pencurian peralatan pemantauan Gunung Tangkuban Parahu itu ke Polsek Sagalaherang, Polres Subang.

"Tentu kerugiannya imateriel dan materiel karena beberapa data dari lapangan tidak bisa diterima di pos pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu," ujar Adzan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)