Bukti Serius Garap Sektor Maritim, Ganjar Pranowo Dengarkan Aspirasi dari Nelayan

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 21:02 WIB
loading...
Bukti Serius Garap Sektor Maritim, Ganjar Pranowo Dengarkan Aspirasi dari Nelayan
Capres Partai Perindo Ganjar Pranowo melakukan pertemuan dengan para nelayan Cirebonan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lempasing, Teluk Betung, Bandarlampung. Foto/Ist
A A A
BANDARLAMPUNG - Calon Presiden (Capres) Partai Perindo Ganjar Pranowo melakukan pertemuan dengan para nelayan Cirebonan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lempasing, Teluk Betung, Bandarlampung. Para nelayan menyampaikan berbagai keluhan dan permasalahan yang mereka hadapi kepada Ganjar.

Beberapa keluhan yang diutarakan meliputi kesulitan dalam pengurusan dokumen kapal dan kebutuhan akan air bersih, serta fasilitas umum seperti MCK yang digunakan bersama oleh beberapa keluarga.


Salah satu nelayan, Harun, menyampaikan ketidaknyamanannya terkait pengurusan dokumen-dokumen kapal. Nelayan kecil seperti dia merasa kesulitan dan terhambat dalam proses perolehan dokumen tersebut, terutama Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) yang diperlukan untuk berlayar.



“Masalah dokumen-dokumen kapal, kita kan nelayan kecil, enggak mau melanggar aturan pemerintah, tapi kita udah bikin dokumen kapal dipersulit dan lambat,” kata Harun kepada Ganjar Pranowo pada Rabu (25/10/2023).

SIPI adalah syarat wajib bagi setiap kapal perikanan berbendera Indonesia yang melakukan kegiatan penangkapan ikan di perairan Indonesia atau Zona Eksklusif Indonesia (ZEEI), yang merupakan bagian terpisah dari Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP).

Harun berharap jika Ganjar Pranowo terpilih menjadi Presiden, perizinan dokumen kapal dapat disederhanakan dan dipercepat, terutama bagi para nelayan kecil.


“Kalau ke depan Pak Ganjar bisa terpilih jadi Presiden, peraturannya itu tolong dirubah, surat-surat kapal itu kan enggak satu macam dan berlakunya juga enggak sama,” tutur Harun.

Harun juga menyoroti perbedaan aturan dan waktu berlaku dokumen kapal, yang beragam dan membingungkan. Ia berharap agar aturan-aturan ini bisa disatukan dan disederhanakan untuk mempermudah nelayan.

Selain itu, seorang istri nelayan, bernama Carem juga mengeluhkan masalah kekurangan pasokan air bersih dan keberadaan fasilitas MCK. Ia berharap Ganjar dapat memberikan bantuan dalam hal ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)