Siasat Cerdik Gajah Mada Kalahkan Musuh Terberat Patih Kebo Wawira

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 06:24 WIB
loading...
Siasat Cerdik Gajah Mada Kalahkan Musuh Terberat Patih Kebo Wawira
Mahapatih Kerajaan Majapahit Gajah Mada terkenal memiliki siasat dan strategi cerdik untuk mengalahkan lawan-lawannya. Termasuk saat melawan Patih Kebo Wawira. Foto/Ist
A A A
GAJAH MADAMahapatih Kerajaan Majapahit terkenal memiliki siasat dan strategi cerdik untuk mengalahkan lawan-lawannya. Termasuk ketika melawan musuh yang cukup berat, yakni patih bernama Kebo Wawira.

Gajah Mada saat itu konon harus menghadapi dua patihnya yakni Pasung Rigis dan Kebo Wawira. Gajah Mada bisa mengalahkan Pasung Rigis, tetapi saat menghadapi Kebo Wawira ternyata merupakan lawan yang sakti sekali.


Skema pun dijalankan oleh Gajah Mada untuk membuat tipu muslihat mengalahkan Kebo Wawira. Gajah Mada pura-pura menjadikan putri Majapahit untuk dijadikan istri Kebo Wawira, sebagai tipu daya.

Dikisahkan pada buku "Gajah Mada Sistem Politik dan Kepemimpinan" dari Enung Nurhayati, Kebo Wawira berhasil dibujuk oleh Gajah Mada untuk diajak ke Majapahit.



Di tengah perjalanan, di puncak Gunung Gelut, Gajah Mada memerintahkan Kebo Wawira untuk membuat sumur sebagai persiapan perjumpaannya dengan putri Majapahit.

Diceritakan pupuh 50-52 pada Kakawin Gajah Mada, perintah Gajah Mada membuat sumur tersebut dianggap direalisasikan bagi Kebo Wawira adalah hal yang mustahil.



Namun ternyata Kebo Wawira yang memiliki kesaktian luar biasa, bisa membuatnya dengan mudah.

Kebo Wawira sendiri sebelumnya sempat memberitahukan bahwa kesaktiannya dan nyawanya hilang saat harus tertimbun dengan kapur.

Gajah Mada yang khawatir tidak bisa membunuh Kebo Wawira, maka dengan membakar semangat para prajuritnya disuruh mencari batu-batu besar dan dijatuhkan ke dalam sumur, yang di dalamnya Kebo Wawira sedang bekerja.

Sebelum mati dan mencapai ajalnya, Kebo Wawira mengutuk orang-orang yang bisa membunuhnya. Merasa dirinya berhasil membunuh lawan-lawannya dari Kerajaan Bali, Gajah Mada segera kembali ke Majapahit, untuk melaporkan kejayaan perintah rajanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)