Sejarah Kerajaan Medang: Lokasi, Tokoh Penting, Keruntuhan, hingga Peninggalan

Selasa, 26 September 2023 - 18:06 WIB
loading...
A A A
- Dharmawangsa Teguh

Dharmawangsa Teguh juga menjadi salah satu tokoh penting di Kerajaan Medang. Berusaha mengikuti jejak para pendahulunya, dia ingin memakmurkan rakyatnya.

Meski demikian, berbagai upayanya mulai mendapat ancaman dari Kerajaan Sriwijaya. Mencoba melawan, serangan yang dilancarkan belum cukup kuat untuk mengalahkan Sriwijaya.

Sebaliknya, Sriwijaya melakukan balasan dengan menyerang Medang melalui sekutunya. Saat diserang pasukan Wurawari, Dharmawangsa terbunuh.

3. Keruntuhan Kerajaan Medang


Periode akhir Medang telah terlihat saat Dharmawangsa menjadi penguasa. Bukan karena lemah, namun karena adanya serangan mendadak yang dilancarkan Sriwijaya.



Saat Dharmawangsa mengadakan pesta pernikahan putrinya dengan Airlangga, Sriwijaya menyerang medang melalui salah satu bidaknya, yakni Wurawari. Serangan ini terbukti berakhir fatal dengan meninggalnya beberapa tokoh Medang, termasuk Dharmawangsa.

Sementara itu, Airlangga memang berhasil selamat. Namun, setelahnya dia melarikan diri terlebih dahulu ke hutan dan mencari tempat aman.

Nantinya, Airlangga akan menghimpun kekuatan kembali dengan mendirikan Kerajaan Kahuripan.

4. Peninggalan Kerajaan Medang


Ada banyak peninggalan Kerajaan Medang yang telah diketahui. Peninggalan bersejarah tersebut juga banyak digunakan sejarawan untuk mencari informasi lain perihal Medang Kamulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5186 seconds (0.1#10.140)