Sejarah Kerajaan Medang: Lokasi, Tokoh Penting, Keruntuhan, hingga Peninggalan

Selasa, 26 September 2023 - 18:06 WIB
loading...
Sejarah Kerajaan Medang: Lokasi, Tokoh Penting, Keruntuhan, hingga Peninggalan
Sejarah Kerajaan Medang. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejarah Kerajaan Medang menarik untuk diulas. Medang Kamulan menjadi satu dari sekian banyak kerajaan yang pernah hadir di Indonesia.

Melihat riwayatnya, Medang Kamulan banyak disebutkan menjadi penerus Mataram Kuno di Jawa Tengah yang sebelumnya dipindah oleh Mpu Sindok. Pemindahan kerajaan dilakukan atas faktor keamanan.

Lebih jauh, berikut ulasan mengenai sejarah Kerajaaan Medang, dari lokasi, tokoh penting, hingga peninggalannya.

Sejarah Kerajaan Medang


1. Lokasi Kerajaan Medang

Medang Kamulan merupakan sebuah kerajaan yang berada di Jawa Timur. Lokasi tepatnya adalah di muara Sungai Brantas dengan ibu kota bernama Watan Mas.



Keberadaan Medang Kamulan tak terlepas dari sosok Mpu Sindok. Dia adalah keturunan raja Dinasti Sanjaya yang sebelumnya berkuasa di Mataram Lama.

Namun, karena kerajaan mendapat banyak gangguan dari Sriwijaya serta ancaman bencana alam, Mpu Sindok memindahkan pusat pemerintahan ke Jawa Timur. Dia memerintah Medang pada periode 929-949 M.

2. Tokoh Penting Kerajaan Medang


- Mpu Sindok

Sedikit dijelaskan di atas, Mpu Sindok memiliki andil besar pada keberadaan Medang Kamulan. Dia tercatat pernah memimpin kerajaan ini selama kurang lebih 20 tahun.



Saat menjalankan pemerintahan, Mpu Sindok dibantu permaisuri bernama Sri Wardhani. Bersama usahanya, mereka terus melakukan berbagai upaya memakmurkan rakyat. Salah satunya adalah dengan membangun bendungan untuk pengairan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)