Sejarah Kerajaan Majapahit: Asal-usul, Tokoh Penting, Kejayaan, Keruntuhan, hingga Peninggalan

Sabtu, 16 September 2023 - 09:30 WIB
loading...
A A A
Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaan ketika dipimpin Hayam Wuruk. Dia merupakan putra dari Bhre Kahuripan atau Tribhuwana Tunggadewi dan Sri Kertawardhana.

Hayam Wuruk berkuasa sekitar tahun 1350-1389. Dia memiliki gelar Sri Rajasanagara



Saat menjadi penguasa, Hayam Wuruk membawa Majapahit sebagai kerajaan yang disegani. Bersama armada perangnya yang ditakuti, wilayah kekuasaannya pun sangat luas.

3. Kejayaan Majapahit


Sedikit dijelaskan sebelumnya, Majapahit berada di puncak kejayaan saat dipimpin Hayam Wuruk. Pada era ini, kerajaan memiliki wilayah yang sangat luas dengan sumber daya alam melimpah.

Di sektor lain, Hayam Wuruk juga meningkatkan produksi pertanian dengan memperbaiki dan memelihara tanggul sepanjang sungai untuk mencegah banjir. Tak hanya itu, dia turut memperbaiki jalan, jembatan, hingga infrastruktur lain guna memperlancar lalu lintas perdagangan.



Pada era Hayam Wuruk ini, Majapahit benar-benar berada dalam kemakmuran dan kejayaannya. Pengaruhnya pun semakin luas dan menjadikan Majapahit disegani kerajaan-kerajaan lain.

4. Keruntuhan Majapahit


Terlepas dari riwayat kejayaan yang pernah dicatatkan, Majapahit juga mengalami fase kemunduran hingga keruntuhannya. Dalam hal ini, ada sejumlah faktor yang menjadi biang keruntuhan Majapahit.

Setelah Hayam Wuruk meninggal, Majapahit memasuki era kemunduran. Salah satunya alasannya karena terjadinya perang saudara yang kemudian diikuti pemberontakan wilayah-wilayah lain di dalam kekuasaan Majapahit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)