3 Raja Majapahit Termasyhur, Nomor 2 Mencapai Masa Keemasan

Jum'at, 18 November 2022 - 15:04 WIB
loading...
3 Raja Majapahit Termasyhur, Nomor 2 Mencapai Masa Keemasan
Terdapat sedikitnya tiga raja Majapahit termasyhur sepanjang keberadaannya di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tiga raja Majapahit termasyhur sepanjang keberadaannya di Indonesia. Majapahit memiliki sejarah panjang yang mengantarkannya sebagai salah satu kerajaan besar dan disegani di Indonesia.

Sepanjang keberadaannya, Majapahit telah dipimpin oleh banyak penguasa hebat. Beberapa di antaranya bahkan cukup dikenal namanya hingga sekarang.

Baca juga : Strategi Gajah Mada Redam Pemberontakan di Kerajaan Majapahit

Berikut tiga Raja Majapahit termasyhur sepanjang keberadaannya.

1. Raden Wijaya

Raden Wijaya dikenal sebagai pendiri sekaligus raja pertama dari Kerajaan Majapahit. Dalam riwayatnya, raja bergelar Kertarajasa Jayawardhana ini juga diketahui sebagai menantu Raja Singasari, yakni Kertanegara.

Sebagai pendiri Kerajaan Majapahit, Raden Wijaya juga dikenal sebagai salah satu raja termasyhur. Dia memerintah kerajaan ini sejak mendirikannya pada 1293 hingga 1309.

2. Hayam Wuruk

Dalam era pemerintahan Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit mencapai zaman keemasannya. Hayam Wuruk merupakan anak dari pasangan Bhre Kahuripan atau Tribhuwana Tunggadewi dan Sri Kertawardhana.

Dalam Kitab Negarakertagama, dikisahkan bahwa Hayam Wuruk lahir saat terjadi gempa bumi di Pabanyu Pindah. Kemudian, pada pupuh pertama Kitab Negarakertagama juga menyebut kelahiran raja Majapahit ini didahului oleh meletusnya Gunung Kampud.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)