4 Tokoh Kerajaan Majapahit yang Terkenal, Nomor 3 Pernah Pukul Mundur Pasukan Mongol

Jum'at, 16 Desember 2022 - 15:20 WIB
loading...
4 Tokoh Kerajaan Majapahit yang Terkenal, Nomor 3 Pernah Pukul Mundur Pasukan Mongol
Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar di nusantara yang memiliki sejarah panjang. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar di nusantara yang memiliki sejarah panjang. Dalam riwayatnya, terdapat sejumlah tokoh kerajaan Majapahit yang terkenal.

Kerajaan bercorak Hindu Buddha ini sempat mengalami masa kejayaan pada abad ke 14, di masa itu wilayah kekuasaannya bisa dibilang yang paling luas di nusantara.

Namun sekitar abad ke 15 sampai 16 Kerajaan Majapahit mulai mengalami keruntuhan dan menjadi kerajaan Hindu Buddha terakhir di Nusantara.

Baca juga : Strategi Gajah Mada Redam Pemberontakan di Kerajaan Majapahit

Sepanjang sejarah perkembangan Kerajaan Majapahit terdapat nama-nama yang memiliki peran besar dan menjadi tokoh terkenal di kerajaan yang bermarkas di Jawa Timur tersebut.

Berikut empat tokoh Kerajaan Majapahit yang terkenal :

1. Hayam Wuruk

Dikutip dari jurnal bertajuk "Karakter Tokoh Hayam Wuruk", Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaan di era kepemimpinan raja ke empat yaitu Hayam Wuruk yang berkuasa dari tahun 1350 sampai dengan 1389.

Sosok Hayam Wuruk adalah raja yang tegas dan pemberani, dia pandai dalam ilmu pemerintahan sehingga selama kepemerintahannya tak pernah terjadi gejolak internal maupun eksternal yang dapat merusak tatanan Majapahit.

Meninggalnya Hayam Wuruk ini juga menjadi salah satu penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit. Karena terjadinya polemik perebutan kekuasaan yang meruntuhkan kerajaan ini selepas kepergiannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)