Sejarah Kerajaan Majapahit: Asal-usul, Tokoh Penting, Kejayaan, Keruntuhan, hingga Peninggalan

Sabtu, 16 September 2023 - 09:30 WIB
loading...
Sejarah Kerajaan Majapahit: Asal-usul, Tokoh Penting, Kejayaan, Keruntuhan, hingga Peninggalan
Pendirian Kerajaan Majapahit diawali rentetan peristiwa yang cukup bersejarah. Foto/Facebook Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
A A A
JAKARTA - Sejarah Kerajaan Majapahit selalu menjadi pembahasan yang menarik. Melihat riwayatnya, Majapahit menjadi salah satu kerajaan terbesar dan terkuat yang pernah ada di Tanah Air.

Mendengar namanya saja, sebagian besar orang akan langsung paham tentang Kerajaan Majapahit. Memiliki pusat di Jawa Timur, kerajaan ini berkuasa muncul sekitar tahun 1293.

Sekedar mengingatkan kembali tentang keberadaannya di masa lampau, berikut ulasan mengenai sejarah Kerajaan Majapahit.

Sejarah Kerajaan Majapahit


1. Asal-usul


Latar belakang pendirian Kerajaan Majapahit diawali rentetan peristiwa yang cukup bersejarah. Salah satunya adalah keruntuhan Kerajaan Singasari dan berkuasanya Jayakatwang sebagai Raja Kediri.



Saat Jayakatwang menjadi penguasa, Raden Wijaya mendapat sebuah bumi perdikan di daerah Tarik. Berdasarkan informasi "Babad Tanah Jawi" karya Soedjipto Abimanyu, wilayah pemberian itu dipenuhi pepohonan besar dan tampak gelap gulita pada malam hari.

Pada keberlanjutannya, bumi perdikan pemberian itu disebut Terang Wulan yang kemudian berubah menjadi Trowulan. Tak lagi menjadi hutan belantara, segera setelahnya kawasan itu berubah menjadi desa yang ramai.

Konon, desa inilah yang kelak menjadi Kerajaan Majapahit. Kemudian, sebuah catatan sejarah menyebutkan Raden Wijaya dan keluarganya melakukan perjalanan.

Di sana, mereka menemukan banyak pohon maja yang jika buahnya digigit rasanya pahit. Dari sinilah muncul dugaan bahwa asal muasal nama Majapahit disematkan karena penemuan buah pahit tersebut.

Berada di bawah kekuasaan Raden Wijaya, Kerajaan Majapahit memulai perjalanannya pada 1293 M.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)