Sejarah Kerajaan Majapahit: Asal-usul, Tokoh Penting, Kejayaan, Keruntuhan, hingga Peninggalan

Sabtu, 16 September 2023 - 09:30 WIB
loading...
A A A

2. Tokoh Penting


Ada banyak tokoh penting yang memiliki jasa besar bagi Kerajaan Majapahit. Dari sekian nama, berikut beberapa di antaranya.

- Raden Wijaya

Bicara tokoh penting Majapahit, salah satu yang paling utama tentu adalah Raden Wijaya. Tak hanya berstatus sebagai pendirinya, dia juga menjadi raja pertama Kerajaan Majapahit.



Melihat riwayatnya, Raden Wijaya adalah menantu dari Kertanegara dari Kerajaan Singasari. Dia menikahi salah satu putri Kertanegara, yakni Gayatri Rajapatni.

Pasca keruntuhan Singasari dan terbunuhnya Kertanegara, Raden Wijaya bersama Gayatri mendirikan tatanan pemerintahan baru di sisa-sisa wilayah kerajaan. Hal inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Kerajaan Majapahit.

- Gajah Mada

Gajah Mada mungkin bukan seorang raja atau pemegang kekuasaan tertinggi di Majapahit. Namun, perannya sebagai patih turu mengantarkan Majapahit ke depan pintu gerbang kejayaannya.

Mendampingi Hayam Wuruk sebagai Raja Majapahit, dia banyak berperan dalam kejayaan kerajaan. Salah satu hal yang paling dikenal dari Gajah Mada adalah Sumpah Palapa.

- Hayam Wuruk
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)