Kisah Marietje, Wanita Cantik Pemburu Pria-pria Kaya asal Surabaya

Sabtu, 02 September 2023 - 15:09 WIB
loading...
A A A
Satu persatu pria yang jatuh dalam pelukannya, menjadi korbannya. Salah satunya seorang perwira pertama berpangkat letnan satu. Pada awal 1927, dengan kemolekannya Marietje berhasil memeras salah seorang pejabat di sebuah hotel di Surabaya.

Untuk tutup mulut, dari tangan si pejabat ia berhasil merampas uang sebesar 1.000 gulden.

“Wilayah perburuan Marietje tidak hanya di Jawa, ia juga merambah Sumatera, terutama Medan”.

Pada 1930-an Marietje diketahui bekerja di Hotel de Boer Medan. Diduga ia bekerja sebagai perempuan penghibur. Di hotel itu Marietje bertemu J. Simpson seorang pekebun Inggris dan menikah pada tahun 1935.

Keduanya sempat tinggal di Singapura, namun pernikahan itu hanya bertahan sebentar dan Marietje tak lama kemudian kembali ke Medan.

Kasus Marietje merupakan cerminan kisah masyarakat Indo di Hindia Belanda yang bertahan hidup di pinggiran. Ibunya anak haram seorang pengacara yang sejak remaja ditolak keluarga.

Penolakan itu membuatnya bertahan hidup di sebuah kampung. Ayah Marietje yang ditengarai juga seorang Indo, tidak begitu dikenal. Karena tak ada yang bersedia merawat, Marietje kecil dititipkan kepada suster Ursulin di Surabaya.

Babak baru hidupnya dimulai setelah pasangan Bronsgeest mengadopsi, merawat dan menyekolahkannya. Pada usia 12 tahun, Marietje tinggal sementara di Leger des Heils (Bala Keselamatan) Surabaya karena orang tua asuhnya meninggal dunia.

Marietje melarikan diri pada usia 14 tahun dan terjebak dalam dunia prostitusi dan penipuan di Surabaya. Pada tahun 1915 ia sempat menikah dengan Christiaan Krop, seorang pemangkas rambut di Surabaya dan memiliki seorang putra bernama Chris.

“Pernikahan mereka kandas dan Chris terpaksa tinggal di panti asuhan”. Karena sepak terjangnya, Marietje pada 11 Desember 1917 diadili di persidangan dengan dakwaan melakukan penipuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)