Kisah Marietje, Wanita Cantik Pemburu Pria-pria Kaya asal Surabaya

Sabtu, 02 September 2023 - 15:09 WIB
loading...
Kisah Marietje, Wanita Cantik Pemburu Pria-pria Kaya asal Surabaya
Marietje van Oordt (1897-1974), perempuan Indo yang sejak kecil tinggal di Surabaya pernah menghebohkan pemerintahan kolonial Hindia Belanda dan publik di Jawa. Foto/Repro
A A A
SEPAK TERJANG Marietje van Oordt (1897-1974), seorang perempuan Indo yang sejak kecil tinggal di Surabaya Jawa Timur pernah menghebohkan pemerintahan kolonial Hindia Belanda dan publik di Jawa.

Nama dan wajah Marietje ramai menghiasi sejumlah surat kabar dan majalah tahun 1914. Marietje dengan kecantikannya dituding telah menipu banyak laki-laki kaya.



Isu penipuan dan prostitusi membayangi cerita hidupnya. Mulai pejabat pemerintah, pemilik toko, pemilik hotel hingga pedagang, telah menjadi korbannya.

Oleh publik Hindia Belanda, tabiat Marietje digambarkan sebagai “een slechte, slechte vrouw” (seorang wanita yang sangat buruk).

Sosok buruk Marietje juga diangkat dalam karya sastra roman Het Land van Herkomst (1935).

Sebuah roman sastra yang ditulis oleh E.du Perron (1899-1940). “Jejak Marietje van Oordt muncul dalam karya sastra Hindia Belanda,” demikian dikutip dari buku Bukan Tabu Nusantara (2018).



Marietje yang Anggun, penuh pesona sekaligus berdaya tarik kuat itu muncul di hadapan calon korbannya dengan banyak nama alias. Ia dengan ringan mengaku sebagai keturunan keluarga terhormat. “Dengan cara itu ia memikat pria”.

Pada periode awal beraksi, Marietje memakai nama Elly Bronsgeest. Nama Bronsgeest merupakan nama keluarga yang mengadopsinya. Marietje bertualang keliling Jawa dan tinggal di hotel kelas satu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)