Industri Migas Bertemu di Batam, Tingkatkan SDM untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Rabu, 12 Juli 2023 - 16:17 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, ada banyak aspek yang saling terintegrasi, khususnya dalam meningkatkan kapasitas nasional.

"Kami dapat memberdayakan layanan mitra KKKS, seperti Tokopedia hingga layanan Sucofindo yang mampu menunjang bisnis UMKM. Kami akan berikan sertifikat halal ke beberapa UMKM yang dibina," kata Erwin Suryadi.

Dia melanjutkan, SKK Migas mendorong pelaku UMKM untuk lebih kompeten dan mandiri agar dapat dikenal dan berkiprah secara nasional maupun internasional.

Hal ini sejalan dengan apa yang telah ditetapkan dalam rencana dan strategi Indonesia Oil & Gas 4.0 yang salah satu targetnya adalah meningkatkan multiplier effect industri hulu migas.

"Meningkatkan kapasitas daerah ini bisa melalui vokasi untuk menjadi tenaga kerja yang bisa masuk ke perusahaan seperti safety di industri hulu migas," katanya.

Sementara Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Rikky Rahmat Firdaus menjelaskan, SKK Migas bersama KKKS Wilayah Sumbagut terus konsisten dalam mencapai target produksi yang telah ditetapkan.

Jumlah pengeboran di Wilayah Perwakilan SKK Migas Sumbagut tahun 2023, baik eksplorasi maupun pengembangan telah meningkat dari tahun 2022.

Total pengeboran sumur secara nasional di tahun 2023 tercatat mencapai 991 sumur, dimana 671 sumur pengeboran berada di Wilayah Sumbagut dan 5 diantaranya berada di Kepulauan Riau. Selain itu, ada 10 kegiatan untuk mencari temuan sumur baru di Sumbagut.

"Tahun 2023 merupakan tahun sibuk bagi industri migas. Ada 991 sumur pengembangan yang dibor tahun ini dengan 671 sumur ada di Sumbagut," jelas Rikky Rahmat Firdaus.

Menurutnya, wilayah Sumbagut berkontribusi sebesar 32 persen produksi minyak nasional dan 10 persen produksi gas secara nasional tahun 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)