Industri Migas Bertemu di Batam, Tingkatkan SDM untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Rabu, 12 Juli 2023 - 16:17 WIB
loading...
A A A
Selain itu, Industri hulu migas juga berkontribusi penting bagi penerimaan negara yang secara nasional mencapai US$ 18,19 miliar atau setara Rp270 triliun.

"Industri hulu migas dapat berimbas terhadap daerah dan masyarakat yang bersifat penyedia barang dan jasa, maupun pembinaan lokal vendor dan UMKM lokal, serta peningkatan kapasitas nasional dan daerah yang merupakan bagian penting industri hulu migas," paparnya.

Dia menjelaskan, SKK Migas secara rutin melakukan monitoring dan evaluasi untuk meningkatkan kompetensi SDM di semua area operasi. Di sisi lain, SKK Migas menargetkan investasi sebesar Rp234,18 triliun di industri hulu migas tahun ini.

Target ini lebih tinggi 26 persen dibandingkan capaian investasi tahun 2022 yang sebesar Rp185,36 triliun.

"Tentu hal serupa juga menjadi mandatory operator migas serta para vendor di tingkat lokal. Industri hulu migas membutuhkan SDM yang kompeten dan memiliki daya saing tinggi," ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepri, Mangara M Simarmata mengatakan, pemerintah mendukung upaya SKK migas dalam memprioritaskan tenaga kerja lokal untuk berkerja di setiap unit kontraktor SKK Migas. Pemerintah juga tengah melakukan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Kami sudah melakukan beberapa pelatihan di bidang ketenagakerjaan. Ada pelatihan welder, fitting dan pelatihan lainnya," katanya.

Lanjutnya, pelatihan itu tidak hanya di bidang keahlian tapi juga di bidang keamanan (safety) untuk mengurangi terjadinya kecelakaan kerja.

"Jika ada pembangunan yard oleh kontraktor tentu akan lebih aman. Kalau pun ada masalah keamanan itu murni kecelakaan kerja," pungkasnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2460 seconds (0.1#10.140)