Industri Migas Bertemu di Batam, Tingkatkan SDM untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Rabu, 12 Juli 2023 - 16:17 WIB
loading...
Industri Migas Bertemu di Batam, Tingkatkan SDM untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional
SKK Migas dan KKKS melaksanakan Forum Kapasitas Nasional III Tahun 2023 di Batam, Kepri, Rabu (12/7/2023). Foto/iNews TV/Alfie Al Rasyid
A A A
BATAM - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) terus berupaya memajukan ekonomi nasional. Salah satunya dengan memperbarui kebijakan dan program Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan produktivitas kerja.

Sekretaris SKK Migas, Shinta Damayanti mengatakan, peningkatan kapabilitas SDM semakin penting sesuai dengan meningkatnya investasi dalam industri hulu migas. Hal ini bertujuan untuk mencapai target produksi minyak sebanyak 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas sebanyak 12 miliar kaki kubik per hari (MMSCFD) pada 2030 mendatang.



"Kami terus mendorong KKKS serta penyedia barang dan jasa penunjang industri hulu migas di tingkat lokal untuk memutakhirkan kebijakan dan program SDM yang mendukung produktivitas kerja," ujar Shinta Damayanti dalam Forum Kapasitas Nasional III Tahun 2023 di Batam, Rabu (12/7/2023).

Shinta mengungkapkan, produksi gas semakin dominan di masa depan lantaran gas merupakan energi transisi menuju penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT). Selain itu, konsumsi gas diperkirakan akan meningkat, dimana konsumsi gas saat ini sekitar 6 ribu MMSCFD diperkirakan naik jadi 26 ribu MMSCFD di tahun 2050 atau naik sebesar 298 persen.

"Sedangkan konsumsi minyak bumi diperkirakan meningkat dari 1,66 juta BOPD menjadi 3,97 juta BOPD, atau naik sebesar 139 persen di tahun 2050," lanjutnya.

Menurutnya, target tersebut dapat mencapai ketahanan energi yang diperlukan Indonesia sehingga bisa mencapai Indonesia Emas pada 2045. Di tahun itu Indonesia ditargetkan menjadi salah satu negara maju.


Oleh karena itu pertumbuhan ekonomi perlu didukung oleh pasokan energi yang cukup sehingga migas memiliki peran strategis dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Tidak hanya sebagai sumber energi, tetapi juga sebagai bahan baku industri dan motor penggerak perekonomian nasional.

"Industri migas memiliki peranan penting untuk mendukung pertumbuhan perekonomian nasional," katanya.

Ketua Umum Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III 2023, Erwin Suryadi menjelaskan, Forum Kapnas merupakan salah satu upaya SKK Migas dalam memperkuat kapasitas pelaku usaha, pabrikan, vendor, serta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penunjang industri hulu migas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)