Mengenal 7 Pusaka Sakti Legendaris Nusantara, Nomor 5 Dipakai Panembahan Senopati

Rabu, 05 Juli 2023 - 19:17 WIB
loading...
A A A
Terkait kesaktiannya, kehebatan tombak Baru Klinting teruji saat digunakan abdi dalem Sultan Agung yang bernama Ki Nayadarma. Suatu ketika, dia perang tanding melawan Adipati Pati Pragola II yang memberontak terhadap Mataram.

Tubuh sang Adipati sebelumnya dikenal kebal dan tidak mempan senjata. Namun, menggunakan tombak Baru Klinting, tubuhnya bisa dirobek dan akhirnya dikalahkan.

5. Tombak Kyai Pleret

Tombak Kyai Pleret merupakan pusaka peninggalan kerajaan di Indonesia. Konon, senjata berbentuk mata tombak ini dulunya telah banyak digunakan para raja Jawa.

Terlepas dari asal-usulnya yang menarik, mata tombak ini diwariskan secara turun temurun kepada penguasa Jawa. Salah satu kisah kesaktian tombak ini adalah ketika digunakan Panembahan Senopati alias Danang Sutawijaya.

Pada riwayat kepemilikannya, Danang Sutawijaya pernah menggunakannya untuk melawan Arya Penangsang yang dikenal sakti mandraguna dan punya ilmu kebal. Terbukti, tombak Kyai Pleret berhasil mengalahkan Arya Penangsang.

6. Keris Condong Campur

Keris Condong Campur adalah senjata pusaka peninggalan Majapahit. Nama Condong Campur sendiri diartikan sebagai kemauan untuk menyatukan perbedaan.

Konon, keris ini merupakan milik Mpu yang berjumlah 100 orang dan dibuat dengan berbagai bahan yang diambil dari banyak tempat. Adapun tujuannya agar dapat menjadi pusaka yang sakti dan tidak memiliki sisi jahat yang bisa menyebabkan marabahaya.

7. Keris Setan Kober

Pada Babad Tanah Jawa, keris Setan Kober dikatakan sebagai buatan Mpu Supo Mandrangi. Dia adalah seorang putra seorang empu di Tuban, Jawa Timur.

Mpu Supo Mandrangi dikenal sebagai pembuat keris pusaka yang disegani. Selain Setan Kober, dia pernah membuat keris Kanjeng Kyai Sengkelat dan keris Kanjeng Kyai Nogososro.

Awalnya, keris Setan Kober bernama 'Bronggot Setan Kober'. Pada kepemilikannya, keris tersebut pernah dimiliki Djafar Shodiq atau Sunan Kudus.

Kemudian, dia memberikannya kepada Arya Penangsang, Adipati Jipang Panolan. Pada sifatnya, Arya Penangsang diketahui sebagai sosok kepribadian tegas serta sakti mandraguna. Sedangkan keris tersebut terkenal memiliki hawa panas yang bisa membuat penggunanya mudah marah.

Pada kisahnya, dikatakan bahwa Arya Penangsang mati akibat terhunus kerisnya sendiri. Setelah itu, keberadaan keris setan kober tidak diketahui secara pasti.

Itulah sejumlah pusaka sakti legendaris di nusantara yang banyak memiliki kisah menarik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)