Mengenal 7 Pusaka Sakti Legendaris Nusantara, Nomor 5 Dipakai Panembahan Senopati

Rabu, 05 Juli 2023 - 19:17 WIB
loading...
Mengenal 7 Pusaka Sakti Legendaris Nusantara, Nomor 5 Dipakai Panembahan Senopati
Terdapat sedikitnya tujuh pusaka sakti legendaris nusantara dengan kisah menarik. Tak hanyakeris, namun juga benda lain seperti tongkat hingga ikat pinggang. Foto/Dok.MPI
A A A
TERDAPATsedikitnya tujuh pusaka sakti legendaris nusantara yang memiliki banyak kisah menarik. Tak hanya berupa keris, namun juga benda lain seperti tongkat hingga ikat pinggang.

Dalam sejarahnya, kisah-kisah seputar pusaka legendaris nusantara memang banyak diceritakan secara turun temurun. Bukan sekadar benda biasa, disebut pusaka legenda karena konon memiliki kekuatan atau kesaktian tertentu yang mengejutkan.



Lebih jelasnya, berikut sejumlah pusaka sakti legendaris nusantara yang mungkin belum Anda ketahui.

Deretan Pusaka Sakti Legendaris Nusantara

1. Bajulgiling

Joko Tingkir menjadi salah satu tokoh legenda yang sangat populer di Tanah Air. Bersama kesaktian dan kedigdayaan yang dimiliki, kisah-kisahnya terus berkembang dan turun temurun seiring waktu.

Dari sekian banyak, salah satu kisahnya adalah memiliki pusaka berupa ikat pinggang atau timang bernama Kiai Bajulgiling. Konon, Joko Tingkir mendapat benda ini dari gurunya, Ki Buyut Banyubiru atau Ki Kebo Kanigoro.

Dikisahkan, pusaka Bajulgiling itu dibuat dari bijih baja murni yang diambil dari lahar Gunung Merapi dan kulit buaya. Menurut Babad Jawi dan Babad Pengging, kekuatan yang berada pada Bajulgiling ini adalah penggunanya akan kebal dari segala jenis senjata tajam, serta ditakuti binatang buas.

2. Tongkat Kalimasada

Dulunya, tongkat ini menjadi teman setia Sunan Kalijaga ketika mengembara. Bukan sekadar benda biasa, tongkat ini dikatakan memunculkan banyak hal ajaib yang mungkin berada di luar nalar.



Dikenal sebagai tongkat kalimasada, benda milik Sunan Kalijaga ini konon berasal dari kayu Kalimasada. Adapun pohon kayu kalimasada tersebut berasal dari Karimunjawa, Jepara.

3. Keris Nogososro

Pusaka sakti legendaris berikutnya adalah Keris Nogososro. Dikenal sebagai benda sakti zaman Majapahit, keris ini dibuat oleh Pangeran Mpu Sedayu atau biasa dipanggil Mpu Pitrang.

Pada riwayat pembuatannya, keris ini ditujukan untuk meredam bencana yang kala itu sedang terjadi. Melihat tampilannya, keris nogososro punya motif naga utuh dengan mulutnya yang menggigit batu intan dari bagian gandik sampai ekor.

Kemudian, keris nogososro juga memiliki 1.000 sisik yang konon bermakna bisa menangkal 1.000 bencana. Dengan kesaktiannya ini, hanya orang-orang dengan predikat "pemimpin sejati" saja yang dapat memegangnya.

4. Tombak Kanjeng Kiai Baru Klinting

Tombak Kanjeng Kiai Baru Klinting merupakan salah satu pusaka peninggalan Mataram Islam. Dulunya, senjata ini dikatakan menjadi milik Ki Ageng Mangir Wanabaya yang melakukan pemberontakan terhadap Panembahan Senopati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)