Pemkot Usul Ulang Pembangunan Perpustakaan Umum Senilai Rp10 M

Senin, 20 Juli 2020 - 09:00 WIB
loading...
Pemkot Usul Ulang Pembangunan Perpustakaan Umum Senilai Rp10 M
Dinas Perpusatakaan Kota Makassar kembali mengajukan usulan pembangunan perpustakaan umum Kota Makassar ke pemerintah pusat melalui lembaga pemerintah non kementerian perpustakaan nasional. Foto : SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Perpustakaan kembali mengajukan usulan pembangunan perpustakaan umum Kota Makassar ke pemerintah pusat melalui lembaga pemerintah non kementerian perpustakaan nasional.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Siswanta Attas mengatakan rencana pembangunan perpustakaan umum kota seharusnya bisa terealisasi tahun ini. Namun akibat pandemi, pemerintah pusat batal mencairkan anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tersebut.

"Tahun ini kan tidak berjalan karena anggarannya tidak dikucurkan oleh pusat. Insyaallah tahun depan," tukas Siswanta kepada SINDOnews. Baca : Tersisa 5 Bulan, Dana Kelurahan Rp60 M Belum Juga Bisa Dikelola

Proposal untuk pembangunan gedung perpusatakaan umum kota tersebut juga telah dirampungkan. Tidak ada perubahan konsep maupun besaran anggaran yang diajukan ke perpustakaan nasional. Tetap Rp10 miliar seperti yang seharusnya dicairkan tahun ini.

"Proposalnya sudah kita masukkan ke dalam aplikasi yang disiapkan perpustakaan nasional," ujarnya. Baca Lagi : Kuota Antrean e-KTP Ditambah, Sekarang 250 Kuota per Hari

Siswanta berharap usulan ini bisa diterima. Sebab sampai saat ini Pemkot Makassar belum memiliki gedung perpustakaan umum sendiri. Masih numpang di yayasan kerjasama dengan pemerintah.

Rencananya, perpusatakaan umum kota ini akan dibangun di lahan eks THR Jalan Kerung-Kerung, Kelurahan Maradekayya Utara, Kecamatan Makassar. Perpustakaan ini akan dibangun sebanyak tiga lantai dengan menggabungkan konsep modern dan tradisional.

Memiliki ukuran 430 meter persegi, gedung ini akan berdiri kokoh di atas lahan seluas 1.430 meter persegi. Sedangkan untuk gedung lama yang terletak di Jalan Lamadukellng akan dimanfaatkan sebagai perpustakaan pembantu jika kerjasama dengan pihak yayasan tetap dilanjutkan.

Kepala Bidang Bina Teknik Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Ansuard menyampaikan perencanaan pembabgunan gedung perpustakaan umum tersebut telah rampung. Baca Lagi : Proyek Jaringan Air Bersih 3 Kelurahan Siap Dimulai, Target Rampung Desember

Hanya saja perlu dilakukan perubahan rencana anggaran biaya (RAB) mengingat perencanaan yang ada saat ini diperuntukkan untuk pembangunan tahun ini namun gagal akibat COVID-19.

"Perencanaannya tidak diganti, tetap yang itu. Cuma RAB-nya kita ubah sesuaikan dengan harga bahan yang berlaku pada saat proyek itu berjalan," tukas Ansuard.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)