Seru! Begini Acara Buka Bersama Puluhan Warga Panti Asuhan Bina Siwi di Next Hotel Yogyakarta

Sabtu, 01 April 2023 - 23:11 WIB
loading...
A A A
"Produk yang dihasilkan mulai dari sandal hotel, boneka, jepitan, kipas, tas, bunga, asesoris, hingga batik," terangnya. Panti Asuhan Bina Siwi merupakan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) milik masyarakat setempat, di bawah naungan Yayasan Ngudiraharjo.

Selain mengelola Panti Asuhan Bina Siwi, yayasan yang mulai beroperasi sejak 1989 ini, juga mengelola sekolah luar biasa (SLB) dan pelayanan bagi orang jompo atau lanjut usia (Lansia).

Warga panti asuhan juga dilatih berkesenian. Tiga kesenian yang telah dikuasai warga panti, dan beberapa kali dipentaskan ialah karawitan, campur sari, dan angklung. Satu lagi berkesenian hadrah, seperti yang menjadi suguhan saat acara buka puasa bersama di Next Hotel Yogyakarta.



Ide untuk mendirikan panti asuhan difabel ini, bermula ketika Sugiman bersama dengan Mugiyanti yang sama-sama alumni PLB-UNY, melihat ada penyandang difabel yang terlantar. Setamat kuliah mereka berinisiatif untuk memperhatikan secara khusus, menumbuhkan kepercayaan diri, mengajarkan hidup layak, sebagaimana orang lainnya.

Para inisiator itu juga bersyukur, karena ide pendirian panti asuhan mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat. Memanfaatkan tanah kas desa, secara swadaya dibangun bersama masyarakat sekitar, dan mewujud menjadi bangunan panti yang sederhana.

"Tak jarang jika kehabisan bahan makanan, para pengurus iuran. Ada yang berupa uang, bahan makanan, atau apa saja yang ada di rumah, untuk diolah menjadi masakan bagi anak-anak panti," kata Sugiman.



General Manager Next Hotel Yogyakarta, Albert Jones Kusuma mengatakan, sengaja memilih Panti Asuhan Bina Siwi untuk berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan ini, karena merupakan salah satu panti asuhan yang diperuntukkan bagi anak-anak penyandang disabilitas.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan dari MNC Peduli, dan Next Hotel Yogyakarta yang merupakan bagian dari MNC Land, dan didukung oleh MNC Bank dan PT Global Jasa Sejahtera (GJS)," pungkas Albert.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5605 seconds (0.1#10.140)