Viral! Puluhan Gajah Terekam Berjalan Keluar Hutan Produksi di Ogan Komering Ilir

Rabu, 08 Maret 2023 - 15:53 WIB
loading...
Viral! Puluhan Gajah Terekam Berjalan Keluar Hutan Produksi di Ogan Komering Ilir
Puluhan ekor gajah liar terekam melintas ke luar kawasan hutan produksi di Desa Simpang Heran, dan Desa Belanti, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Foto/iNews TV/Fitriadi
A A A
OGAN KOMERING ILIR - Puluhan ekor gajah terekam ke luar dari kawasan hutan produksi di Desa Simpang Heran, dan Desa Belanti, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Gajah-gajah liar tersebut, berjalan menyusuri kanal di tepian hutan.



Dalam rekaman video yang beredar di media sosial, terlihat warga menyaksikan puluhan ekor gajah berjalan secara bergerombol. Diperkirakan, jumlah kawanan gajah liar tersebut mencapai lebih dari 40 ekor.



Belum diketahui penyebab puluhan ekor gajah tersebut berjalan ke luar hutan produksi. Menurut kesaksian sejumlah warga, aksi gajah ke luar hutan secara bergerombol tersebut, nyaris terjadi setiap tahun.



Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, Ujang Wisnu Brata mengungkapkan, sudah mengerahkan petugas ke lapangan untuk memantau pergerakan gerombolan gaja liar tersebut.

"Kami sudah mendeteksi ada tiga gerombolan gajah yang melintas ke luar hutan produksi. Dua gerombolan sudah terdeteksi, karena sudah terpasang alat detektor, sedangkan satu gerombolan masih belum terpasang alat detektor," ungkapnya.

Viral! Puluhan Gajah Terekam Berjalan Keluar Hutan Produksi di Ogan Komering Ilir




Dia juga memastikan gerombolan gajah yang berjalan ke luar hutan produksi tersebut, tidak sampai ke area permukiman warga. Sejarahnya, kawasan tersebut memang habitat gajah, namun sekarang menjadi daerah konsesi hutan untuk tiga perusahaan.

Menurut Ujang, perusahaan yang mendapatkan hak konsesi hutan, diminta untuk tetap memperhatikan dan melindungi satwa-satwa liar yang ada di dalam hutan, serta memastikan ketersediaan pakan untuk satwa-satwa tersebut. Masyarakat juga diimbau untuk tidak mendekati kawanan gajah, karena sangat membahayakan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)