Warga Tulungagung Hilang saat Berburu Ikan, Diduga Terseret Sungai Brantas

Selasa, 07 Maret 2023 - 13:49 WIB
loading...
Warga Tulungagung Hilang saat Berburu Ikan, Diduga Terseret Sungai Brantas
Warga Tulungagung dan Blitar berburu ikan pladu di sepanjang Sungai Brantas. Foto/MPI/Solichan Arif
A A A
TULUNGAGUNG - Djupri (58) warga Desa Pojok, Kecamatan Ngantru, Tulungagung, Jawa Timur hilang saat berburu ikan pladu. Diduga dia terseret arus Sungai Brantas.

Djupri diketahui berangkat ke sungai Brantas wilayah Desa Batokan pada Senin malam (6/3/2023). Namun hingga kini belum pulang ke rumah.



“Sekitar pukul 04.30 Wib dini hari, keluarganya melapor atas dugaan hilangnya yang bersangkutan,” ujar Kapolsek Ngantru Polres Tulungagung AKP Sumaji kepada wartawan Selasa (7/3/2023).

Pladu berlangsung sejak Senin sore (6/3/2023). Pladu merupakan tradisi lokal warga sepanjang Sungai Brantas yang beramai-ramai mencari ikan mabuk, yakni ikan yang muncul ke permukaan karena air Sungai Brantas mendadak keruh.

Tradisi pladu berlangsung setahun sekali setelah Perum Jasa Tirta I melakukan flushing atau penggelontoran Bendungan Wlingi Raya dan Bendungan Serut yang berwilayah di Blitar. Informasinya, flushing berlangsung 5-11 Maret 2023.

Warga Tulungagung dan Blitar yang lain, pada Senin malam (6/3/2023), Djupri pamit berangkat mencari ikan bersama dua orang temannya. Mereka berburu ikan hingga Selasa (7/3/2023) dini hari.


Dari laporan yang diterima polisi, kata Sumaji mulai sekitar pukul 01.00 Wib dini hari, Djupri tidak diketahui keberadaanya. Padahal sebelumnya, ia terlihat berusaha menangkap ikan di pinggir sungai.

Di luar sepengetahuan rekannya, diduga bersangkutan terpeleset jatuh ke Sungai Brantas dan hanyut terseret arus air.

“Saat itu rekannya sudah berusaha mencari namun yang bersangkutan tidak ditemukan,” terang Sumaji.

Hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan. Kepolisian juga sudah berkoordinasi dengan BPBD Tulungagung dan Basarnas Trenggalek untuk melakukan pencarian.

Polres Tulungagung mengimbau warga untuk senantiasa berhati-hati saat mencari ikan pladu di Sungai Brantas.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)